MENINGKATKAN KESADARAN ANTI-BULLYING PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 01 KOTA BENGKULU

Authors

  • Fahri Nurozak Alfazari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Bayu Sutejo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rizki Fadilah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Iis Suryani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Anti-Bullying, Kesadaran Siswa, Sekolah Ramah Anak.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 01 Kota Bengkulu dengan tujuan utama meningkatkan kesadaran siswa terhadap bahaya bullying serta membangun sikap empati, solidaritas, dan rasa saling menghargai sejak dini. Fenomena bullying, meskipun sering kali dianggap ringan, namun terbukti memiliki dampak serius terhadap kondisi psikologis, sosial, dan akademik anak. Hasil observasi awal menunjukkan adanya perilaku mengejek, meremehkan, dan mengucilkan teman sebaya di sekolah. Walaupun belum berkembang menjadi kekerasan fisik, kondisi ini penting segera diatasi agar tidak menimbulkan perundungan yang lebih berat. Metode kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu koordinasi dengan pihak sekolah, observasi awal terhadap siswa, penyampaian materi edukatif dengan media poster dan video, diskusi interaktif, simulasi atau role play sebagai praktik pembelajaran. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme tinggi dari siswa dan dukungan penuh guru. Hasilnya, siswa lebih memahami pengertian, bentuk, serta dampak bullying, dan mulai menunjukkan perubahan sikap dalam berinteraksi sehari-hari. Guru juga semakin peka dalam mendeteksi gejala bullying serta berkomitmen melakukan pendampingan berkelanjutan. kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga menumbuhkan budaya sekolah yang ramah anak dan bebas bullying. Sebagai tindak lanjut, penulis menyarankan sekolah dapat membentuk kelompok Duta Anti-Bullying yang bertugas sebagai agen perubahan di sekolah.

References

Anggraini, N. D., Sadtyadi, H., & Widodo, U. (2024). Deteksi Dini Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 476–491. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1385

Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9105–9117. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3389

Candra, S. D., Abdul, A., Wiyono, R., Nafis, R. W., & Hakim, L. (2025). Pendidikan Anti-Bullying melalui Implementasi Pembelajaran Bermain pada Anak Sekolah Dasar. Insan Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 191–199.

Dewi, N. . Y. S., Tirtayanu, L. ., & A, D. P. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Pemahaman Bullying pada Anak di TK. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7080–7095. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Kemendikbudristek. (n.d.). STOP Perundungan/Bullying Yuk !

Maisaroh, S., & Jannah, S. M. (2025). Analisis Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 2249–2260. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7351

Permendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Sembiriing, M., & Tarigan, T. (2023). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Perilaku Bullying Siswa pada SMA Santa Maria Kabanjahe. HELPER : JJurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 40(1), 1–13. https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no1.a6706

Suriatika, N. F., Habsy, B. A., & Sartinah, E. P. (2024). Persepektif Bullying terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Sistem Pendidikan Inklusif: Studi Literatur. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1186–1205. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7178

Valencia, V., Febriyanti, A., Ocberta, N., & Monika. (2024). Penguatan Pemahaman Anti-Bullying Pada Siswa SD X di Jakarta. Journal Of Human and Education (JAHE), 4(6), 161–168. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1772

Wulandari, D. I., Putri, A., & Mahulae, T. R. (2025). Sosialisasi dan Evaluasi Pemahaman Siswa SDN Cibatu 02 Mengenai Kekerasan Bullying Melalui Media Poster Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(5), 2466–2473. https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i5.2755

Published

2025-12-09

Issue

Section

Edisi Desember Vol 5 No 3 2025
Abstract viewed = 0 times