MENINGKATKAN KESADARAN ANTI-BULLYING PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 01 KOTA BENGKULU
Keywords:
Anti-Bullying, Kesadaran Siswa, Sekolah Ramah Anak.Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 01 Kota Bengkulu dengan tujuan utama meningkatkan kesadaran siswa terhadap bahaya bullying serta membangun sikap empati, solidaritas, dan rasa saling menghargai sejak dini. Fenomena bullying, meskipun sering kali dianggap ringan, namun terbukti memiliki dampak serius terhadap kondisi psikologis, sosial, dan akademik anak. Hasil observasi awal menunjukkan adanya perilaku mengejek, meremehkan, dan mengucilkan teman sebaya di sekolah. Walaupun belum berkembang menjadi kekerasan fisik, kondisi ini penting segera diatasi agar tidak menimbulkan perundungan yang lebih berat. Metode kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu koordinasi dengan pihak sekolah, observasi awal terhadap siswa, penyampaian materi edukatif dengan media poster dan video, diskusi interaktif, simulasi atau role play sebagai praktik pembelajaran. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme tinggi dari siswa dan dukungan penuh guru. Hasilnya, siswa lebih memahami pengertian, bentuk, serta dampak bullying, dan mulai menunjukkan perubahan sikap dalam berinteraksi sehari-hari. Guru juga semakin peka dalam mendeteksi gejala bullying serta berkomitmen melakukan pendampingan berkelanjutan. kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga menumbuhkan budaya sekolah yang ramah anak dan bebas bullying. Sebagai tindak lanjut, penulis menyarankan sekolah dapat membentuk kelompok Duta Anti-Bullying yang bertugas sebagai agen perubahan di sekolah.
References
Anggraini, N. D., Sadtyadi, H., & Widodo, U. (2024). Deteksi Dini Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 476–491. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1385
Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9105–9117. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3389
Candra, S. D., Abdul, A., Wiyono, R., Nafis, R. W., & Hakim, L. (2025). Pendidikan Anti-Bullying melalui Implementasi Pembelajaran Bermain pada Anak Sekolah Dasar. Insan Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 191–199.
Dewi, N. . Y. S., Tirtayanu, L. ., & A, D. P. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Pemahaman Bullying pada Anak di TK. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7080–7095. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Kemendikbudristek. (n.d.). STOP Perundungan/Bullying Yuk !
Maisaroh, S., & Jannah, S. M. (2025). Analisis Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 2249–2260. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7351
Permendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.
Sembiriing, M., & Tarigan, T. (2023). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Perilaku Bullying Siswa pada SMA Santa Maria Kabanjahe. HELPER : JJurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 40(1), 1–13. https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no1.a6706
Suriatika, N. F., Habsy, B. A., & Sartinah, E. P. (2024). Persepektif Bullying terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Sistem Pendidikan Inklusif: Studi Literatur. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1186–1205. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7178
Valencia, V., Febriyanti, A., Ocberta, N., & Monika. (2024). Penguatan Pemahaman Anti-Bullying Pada Siswa SD X di Jakarta. Journal Of Human and Education (JAHE), 4(6), 161–168. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1772
Wulandari, D. I., Putri, A., & Mahulae, T. R. (2025). Sosialisasi dan Evaluasi Pemahaman Siswa SDN Cibatu 02 Mengenai Kekerasan Bullying Melalui Media Poster Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(5), 2466–2473. https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i5.2755








