Optimalisasi Penggunaan GIMP untuk Desain Grafis Digital Mahasiswa Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Penulis

  • Yunus Yunus Anis Universitas Stikubank Semarang
  • Sri Mulyani Fakultas Vokasi Universitas Stikubank Semarang
  • Hersatoto Listiyono Fakultas Vokasi Universitas Stikubank Semarang
  • Sunardi Fakultas Vokasi Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v5i2.8281

Kata Kunci:

GIMP, Graphic Design, Open Source, Training, TRMG Students

Abstrak

The need for digital graphic design skills is becoming increasingly important in the creative industry era. However, limited access to paid software such as Adobe Photoshop is a challenge for students, especially in the Multimedia Graphic Engineering Technology (TRMG) Study Program on Universitas Stikubank Semarang. This Community Service Activity aims to optimize the use of GIMP (GNU Image Manipulation Program), open source software, as an alternative solution in developing digital graphic design skills. The method of implementing the activity includes intensive training, direct practice, and evaluation of design work results. The results of the activity showed a significant increase in mastery of GIMP tools, creativity in making designs, and time efficiency in completing projects. This activity is expected to encourage students to be more independent and adaptive to various design software, as well as increase their readiness in facing the challenges of the world of work

Referensi

Andreas, Kevin et al. 2024. “Pelatihan Desain Untuk Pembuatan Media Pembelajaran dan Promosi di Vihara Sutra Maitreya.” 7: 81–87. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/8752/3207.

Anggraeny, Fetty Tri et al. 2021. “Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi CANVA Pada Ponsel Pintar.” Journal of Approriate Technology for Community Services 2(2): 86–91. https://journal.uii.ac.id/JATTEC/article/view/17123/11379.

Aziz, Nur, Khidayat Muslim, and Irpan Ilmi. 2024. “Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Dalam Menghadapi Tantangan Dan Isu Global ( Studi Kasus Stisip Tasikmalaya ).” An-Nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam V 02(02). https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/An-Nadzir/article/view/577/235.

Diansyah, Tengku Mohd, Rachmat Aulia, and Dodi Siregar. 2019. “Desain Grafis Peningkatan Kemampuan Multimedia Pada Remaja Desa Seantis Graphic Design Enhancing Multimedia Capabilities For Youth In Saentis Village.” Tunas 1(1): 35–38. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Dini Ananda Yusti, Kharisma Nanda Zenmira. 2022. “Analysis of The Cover Design of Stephenie Meyer’s First Twilight Series Novel.” Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa dan Budaya Visual 2(2): 61–65. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/qualia/article/view/34503/14854.

Firdausy, Assandra Julyant et al. 2025. “Pemanfaatan Sistem Operasi Open Source Dalam Pendidikan Dan Pengembangan Software.” 9(1): 1103–6. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/12631/6987.

Hariani, Wita. 2022. “Meningkatkan Motivasi Menjadi Mahasiswa Yang Berprestasi di Masa Pandemi.” Jurnal Abdimas Serawai 2(1): 35–46.

Jerry et al. 2023. “Pelanggaran Etika Sistem Informasi Dalam Penggunaan Software Bajakan.” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi 4(1): 19–30. https://just-si.ub.ac.id/index.php/just-si/article/view/140.

Lubis, Faizal Hamzah, Fadhil Pahlevi Hidayat, and Sigit Hardiyanto. 2022. “Peningkatan Kemampuan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Dakwah Pada PC IPM Medan Area.” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 7(1): 107–11.

Martadireja, Sonde et al. 2025. “Penerapan Teori Warna Pada Media Pembelajaran Bagi Guru MTS Panca Mukti Bengkulu Tengah.” Jurnal Abdimas Serawai 5(APRIL): 1–12. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS.

Maulidya, Shevakinana Junda et al. 2023. “Perlindungan Hukum Karya Cipta Program Komputer Atas Maraknya Peredaran Software Bajakan Pada E-Commerce Di Indonesia.” Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum 11(4): 933–47. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/80686.

R.Reza, F.Utomo, K.Fuadi, W.Syahputra, Nurdin. 2024. “Pemanfaatan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kreativitas Di Lingkungan Pendidikan Dan Kewirausahaan.” JITET(Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan) 12(3): 4648–59. https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet/article/view/5471/2216.

Sari, Jayanti Armida, and Bambang Agus Diana. 2024. “Dampak Transformasi Digitalisasi Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Pedesaan.” Jurnal Pemerintahan dan Politik 9(2): 88–96.

Sinaga, Andromeda Valentino. 2023. “Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Dan Skill Peserta Didik Abad 21.” Journal on Education 06(01): 2836–46. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3324/2792.

Tanuwijaya, Danica Recca Danendra; Ezra Christopher Kid Manopo; Oktavianus Hendry Wijaya; Yefta. 2022. “Kesadaran Etis Dalam Penggunaan Aplikasi Berlisensi Secara Ilegal.” Jurnal Pendidikan, Seni, Sains dan Sosial Humaniora 1(1): 115–37. https://journal.forikami.com/index.php/nusantara/article/view/48/24.

Tjahyadi, Surya, and Willy Antonio. 2023. “Analisa Pengaruh Desain Grafis Pada Konten Media Sosial Terhadap Daya Tarik Pengguna Dari Generasi Z Di Kota Batam.” Journal on Education 5(3): 9523–39. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1825/1501.

Vendyansyah, Nurlaily, and Peniel Immanuel Gultom. 2021. “Pelatihan Dan Pembimbingan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa.” Jurnal Mnemonic 4(1): 20–25. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/mnemonic/article/view/3207/2577.

Diterbitkan

2025-08-07

Cara Mengutip

Yunus Anis, Y., Sri Mulyani, Hersatoto Listiyono, & Sunardi. (2025). Optimalisasi Penggunaan GIMP untuk Desain Grafis Digital Mahasiswa Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 5(2), 122–141. https://doi.org/10.36085/jams.v5i2.8281
Abstrak viewed = 0 times