Penerapan Teori Warna pada Media Pembelajaran bagi Guru MTs Panca Mukti Bengkulu Tengah
DOI:
https://doi.org/10.36085/jams.v5i1.8028Kata Kunci:
Belajar Mengajar, Media Pembelajaran, Teori WarnaAbstrak
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Panca Mukti adalah lembaga pendidikan agama setingkat SMP di bawah naungan Kementerian Agama yang telah terakreditasi A. Pendekatan pendidikan di MTs Panca Mukti didasarkan pada nilai-nilai Islam, dan sekolah ini berlokasi di Desa Panca Mukti, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Desa ini dipilih sebagai lokasi kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan judul "Penerapan Teori Warna pada Media Pembelajaran bagi Guru MTs Panca Mukti Bengkulu Tengah." Proses belajar mengajar di MTs Panca Mukti melibatkan interaksi antara guru dan siswa untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai. Observasi lapangan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran, terutama yang bersifat visual, perlu ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan memperkenalkan dan menguatkan teori praktis mengenai penerapan teori warna pada media pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengelola proses belajar mengajar dengan lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan profesionalisme. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil, ditandai dengan respon positif dari peserta yang antusias mengikuti kegiatan, serta peningkatan pemahaman peserta yang terlihat dari sesi tanya jawab dan diskusi setelah penyampaian materi.
Referensi
Halim, A., & Herliana, F. (2020). Pengantar Fisika Kuantum. Syiah Kuala University Press.
Harini, N. (2013). Terapi Warna untuk Mengurangi Kecemasan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2).
Irawan, B., & Tamara, P. (2013). Dasar-Dasar Desain. Griya Kreasi.
Kurniawan, A., Khasanah, F., Dawami, Saleh, M. S., Bilrefi, H., & dkk. (2022). Teori Komunikasi Pembelajaran. PT Global Eksekutif Teknologi.
Ma’mun, S. (2021). Analisis Metode Pembelajaran Ceramah Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 20(2), 137–150. https://doi.org/10.47467/mk.v20i2.512
Marhalim, Andilala, & Khairullah. (2022). Pelatihan Microsoft Office PowerPoint Sebagai Bahan Ajar Bagi Guru SMPN 18 Kota Bengkulu. JAMS: Jurnal Abdimas Serawai, 2(2).
Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Lempar Dadu dan Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1–6.
Nugroho, S. (2015). Manajeman Warna dan Desain. Penerbit ANDI.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287
Wardaya, M. (2023). Mengenal Dasar Desain. Penerbit Universitas Ciputra