Bullying Education In Primary School Children 62 Padang Pelasan Seluma District

Penulis

  • yuni puspita UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • Eceh Trisna Ayuh Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v4i3.7116

Kata Kunci:

Education;, elementary schools, mental health

Abstrak

SD 62 Padang Pelasan merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di Desa Padang Pelasan, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah ini memiliki visi untuk mencetak generasi yang berakhlak mulia, berprestasi, dan berwawasan luas, serta misi untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui metode yang inovatif dan partisipatif. Namun, bullying di kalangan siswa telah menjadi isu serius yang perlu mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena bullying di SD 62 Padang Pelasan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi. Dengan menggunakan survei dan wawancara dengan siswa, guru, dan orang tua, hasilnya menunjukkan bahwa bullying terjadi dalam bentuk verbal, fisik, dan sosial, yang berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik siswa. Kurangnya pemahaman dan intervensi dari sekolah telah memainkan peran yang signifikan dalam peningkatan kasus bullying. Artikel ini merekomendasikan program pendidikan, peningkatan peran guru dalam pengawasan, dan kolaborasi dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman.

Referensi

Aristiani, N., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Bullying Behavior in Elementary School Age Children in Gribig Village, Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.598

Basyar, S. (2020). Thoughts of Islamic Education Figures. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 96. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2306

Brank, E. M., Hoetger, L. A., & Hazen, K. P. (2012). Bullying. Annual Review of Law and Social Science, 8, 213–230. https://doi.org/10.1146/annurev-lawsocsci-102811-173820

Herliani, E., & Heryati, E. (2017). Learning 7 Developing Students' Potential. Pengembangan Potensi Peserta Didik, 147–167.

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Inclusive Education: Building a Learning Environment That Supports Equity and Cultural Wisdom. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072

Sukawati, A., L, D. A. M., & Ganda, N. (2021). PEDADIDAKTIKA : SCIENTIFIC JOURNAL OF PRIMARY SCHOOL TEACHER EDUCATION Fenomena Bullying Berkelompok di Sekolah Dasar. 8(2), 354–363.

Aristiani, N., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Bullying Behavior in Elementary School Age Children in Gribig Village, Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.599

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

puspita, yuni, & Eceh Trisna Ayuh. (2024). Bullying Education In Primary School Children 62 Padang Pelasan Seluma District. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 4(3), 113–124. https://doi.org/10.36085/jams.v4i3.7116
Abstrak viewed = 5 times