Implementasi Tata Laksana Pedoman Master of Ceremony (MC) bagi siswa-siswi Sekolah Dasar

Pelatihan MC bagi siswa-siswi SD Alam Mahira Kota Bengkulu

Penulis

  • Evi Hafizah Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu
  • Lisa Adhrianti Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v3i2.5290

Kata Kunci:

Pembawa Acara, Anak-anak, Komunikasi Publik

Abstrak

Penyelenggaraan acara/upacara sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa penting, baik itu dengan kehidupan berbangsa, bernegara, bermasyarakat, berorganisasi maupun berkeluarga dalam berbagai sifat acara untuk berbagai macam tujuan. Selama ini praktek pembawa acara lazim diperkenalkan dan dilakukan oleh orang dewasa. Padahal bagi kepentingan pengembangan bakat, minat dan kreativitas pedoman membawakan acara ini juga layak diketahui oleh anak-anak dan dapat diperkenalkan pada usia sekolah dasar. Hal ini tentunya akan dapat bermanfaat bagi berbagai kegiatan yang diadakan oleh anak-anak di sekolah mereka maupun diluar sekolah yang memerlukan kemampuan anak-anak untuk berani berbicara di depan publik. Anggapan ini selaras dengan konsep pengajaran di Sekolah Dasar Alam Mahira Bengkulu yang berusaha memberi kebebasan untuk mengembangkan minat dan bakat anak didik. Setiap bakat dan potensi anak menjadi perhatian sekolah, sehingga kegiatan ini dipandang diperlukan bagi sekolah tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi Sekolah Dasar tentang implementasi tata laksana pedoman Master Of Ceremony (MC) dan menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa-siswi Sekolah Dasar untuk bisa tampil dan berbicara di depan publik dengan baik, khususnya sebagai Master of Ceremony (MC). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa siswi kelas 5 dan 6 Sekolah Alam Mahira Kota Bengkulu yang telah mengikuti kegiatan ini dapat memahami dan menerapkan tentang implementasi tata laksana pedoman master of ceremony (MC), siswa siswi kelas 5 dan 6 tersebut juga sudah mampu untuk tampil didepan publik dengan lebih percaya diri sebagai master of ceremony (MC) atau pembawa acara.

 

Referensi

Elly Juniarty dan Pramana, 2006, “General Public Speaking: seputar publik speaking”, Jakarta: public speaking school

Rumpoko, Hadi, 2013, Panduan pidato dan MC yang memukau, Smart Pustaka, Yogyakarta

Yulianita, Neni. 2003. “Pengantar, Ruang Lingkup, Tugas dan Fungsi Protokoler”. Makalah pada Pelatihan Protokoler dan MC UKM PROTOKOLER, Universitas Islam Bandung.

Yuningsih, Ani. 2003. “Panduan Praktis Menyusun Acara dan Menjadi Pemandu Acara (MC)”. Makalah pada Pelatihan Protokoler dan MC UKM PROTOKOLER, Universitas Islam Bandung.

Sumber Online :

http://pena.gunadarma.ac.id/indonesia-tidak-kreatif-setuju/

http://pedomanbengkulu.com/2015/11/melihat-lebih-dekat-sekolah-alam-mahira/

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Hafizah, E., & Lisa Adhrianti. (2023). Implementasi Tata Laksana Pedoman Master of Ceremony (MC) bagi siswa-siswi Sekolah Dasar: Pelatihan MC bagi siswa-siswi SD Alam Mahira Kota Bengkulu. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 3(2), 61–73. https://doi.org/10.36085/jams.v3i2.5290
Abstrak viewed = 207 times