Survei Kepuasan Masyarakat pada Layanan Perizinan
DOI:
https://doi.org/10.36085/jams.v3i1.5002Kata Kunci:
kinerja pelayanan; pelayanan publik,; perizinan,Abstrak
Upaya Pemerintah Kota ( Pemkot) Bengkulu mereformasi birokrasi dilakukan dengan cara meningkatkan pelayanan publik. Pelayanan yang yang ada di (DPMPTSP) adalah pelayanan administratif yang merupakan layanan berbagai perizinan, baik yang bersifat non perizinan maupun perizinan. Perizinan merupakan salah satu unsur urgen dalam pelayanan publik, termasuk juga perizinan yang berhubungan dengan kegiatan usaha. Proses perizinan, di bidang perizinan usaha, akan berpengaruh secara langsung terhadap keinginan dan keputusan calon pengusaha maupun investor untuk menanamkan modal di daerah dan ini akan berimplikasi kepada penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemkot Kota Benglulu telah menerapkan program e-service berupa e-perizinan. Pengguna layanan dapat melakukan pendaftaran perizinan dengan cara online. Tujuannya, guna menyediakan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Pembangunan kantor baru juga mendapatkan ruang kerja yang representatif bagi pegawai sehingga dapat meningkatkan kinerja dan dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menerima pelayanan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana persepsi masyarakat terhadap layanan yang telah disediakan oleh DPMPTSP Kota Bengkulu, maka dilakukan kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), opini tersebut disusun, diolah, sampai dengan mendapatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil Survie menunjukkan bahwa layanan yang diberikan oleh DPMPTSP Kota Bengkulu masuk kategori baik dengan indiks nilai gabungan sebesar 3.22 dan mutu pelayanan sebesar 80.46
Referensi
Antonakas, N. P., Seimenis, I., & Konstantopoulos, N. (2014). The Organizational Structure of the Public Service and its Role on the Level of Corruption: The Case of Greek Tax Administration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 494–500. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.071
Ariany, R. I. A., & Putera, R. E. (2013). Analisis Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kota Pariaman. Mimbar Unisba, 29(1), 33–40.
Darmi, T., & Agussalim. (2019). The Performance of the Female Employees in Public Service. Mimbar, 33(2), 289–298.
Scupola, A., & Zanfei, A. (2016). Governance and innovation in public sector services : The case of the digital library ☆.
Wittman, M. D., Allroggen, F., & Malina, R. (2016). Public service obligations for air transport in the United States and Europe : Connectivity effects and value for money. 94, 112–128.