Pembelajaran Dengan Teknologi Classroom dan Aplikasi Zoom di Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Bengkulu

Penulis

  • Marhalim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ridho Ikhlasul Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Teguh Wibowo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yoga Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Angga Saputa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Achmad Fahry Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v1i2.4551

Kata Kunci:

Classroom, aplikasi zoom, e-learning

Abstrak

During the pandemic, the problem faced by SDN 51 In Bengkulu was the process of face-to-face learning that became hampered. The teaching activities at SDN 51 Kota Bengkulu have not used IT in its entirety / manual by being picked up by the student's guardian whether it is assignments and or the return of the assignment itself. One of the approaches that can be done for learning is to use media that can be used for teachers and students is information technology with e-learning model. The research was conducted by SDN 51 Kota Bengkulu, teachers can organize content, create classes, fill in some content and access learning using classrooms and sisw can access existing content that has been prepared, and teachers at SDN 51 Bengkulu can create online learning classes via zoom meeting

Referensi

Astuti, Y., Kusumarini, N. and Farida, L. D. (2020) ‘Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Menggunakan Fasilitas Berbagi Online’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), pp. 128–133. doi: 10.32699/ppkm.v7i2.776.

Darmi, Titi., Kusmiarti, Reni., dan Juniat,. Ira. (2020). Peningkatan Kapasitas Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Abdimas Mahakam Vol 4 Nomor 1, Pp. 90-98.

Hafizh, M. A. (2017) ‘Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Camtasia Studio Pada Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd’, Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), pp. 141–154. doi: 10.24114/esjpgsd.v7i1.6411.

Irawan, R. and Surjono, H. D. (2018) ‘Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), pp. 1–11. doi: 10.21831/jitp.v5i1.10599.

Kadir, A. and Triwahyuni, T. C. (2014) ‘Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi’, Andi Yogyakarta, (August), p. 2. doi: 10.13140/2.1.4734.7840.

Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha and Sittati Musalamah (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian’, Jurnal PenSil, 9(1), pp. 54–60. doi: 10.21009/jpensil.v9i1.13453.

Nadziroh, F. (2017) ‘Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning’, Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), pp. 1–14.

Ratnaningsih, K. and Suaryana, I. (2014) ‘Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, Dan Pengetahuan Manajer Akuntansi Pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi’, E-Jurnal Akuntansi, 6(1), pp. 1–16. Available at: https://ocs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7775.

Sihotang, H. T. (2015) ‘Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Cobit Framework 4.1 Studi Kasus pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan (Persero)’, Jurnal Mantik Penusa, 17(1), pp. 1–7. Available at: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/119/35.

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. . (2020) ‘Panduan Belajar Dari Rumah Untuk Guru Sekolah Dasar’.

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-google-classroom-fitur-fungsi-dan-keunggulannya/, (2020), diakses pada tanggal 17.Janjuari 2020, Jam 14.02.

https://tirto.id/mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-cara-menggunakannya-eGF7, diakses pada tanggal 18.Janjuari 2020, Jam 13.12.

https://salamadian.com/pengertian-google-drive/, diakses pada tanggal 18.Janjuari 2020, Jam 15.10.

Diterbitkan

2022-12-18

Cara Mengutip

Marhalim, Ridho Ikhlasul, Teguh Wibowo, Yoga, Angga Saputa, & Achmad Fahry. (2022). Pembelajaran Dengan Teknologi Classroom dan Aplikasi Zoom di Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Bengkulu. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.36085/jams.v1i2.4551
Abstrak viewed = 126 times