Pendampingan Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Kecil
DOI:
https://doi.org/10.36085/jams.v3i2.5583Keywords:
Pendampinga; Pelaku Usaha; Usaha Kecil: adpatifAbstract
Bencana Virus corona (Covid19), membuat tatanan kehidupan manusia berubah menjadi 180 derajat, perubahan ini terjadi secara tiba-tiba dan mengkagetkan sejagat Dunia. Perubahan drastis ini berdampak pada semua line, kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya. Selain bidang kesehatan, yang sangat sangat terpuruk, bidang ekonomi melumpuhkan segala aktivitas ekonomi. Bidang ekonomi yang sangat terdampak adalah UKM. Kegiatan UKM menjadi stagnan, tidak produktif, hal ini, terjadi apabila pengelola tidak mampu berinovasi, tidak dapat membaca peluang dan tidak memutar haluan yang semua dilakukan dengan konvensional menjadi pengelolaan yang modern berbasis teknologi. Tata kelola UKM menjadi suatu keniscayaan untuk selalu mengupgrade sesuai kondisi pergeseran pola ekonomi. Salah satu cara upgrade tata kelola UKM adalah dengan selalu meningkatkan kapasitas pemasaran yakni dengan mengoptimalkan teknologi digital. Penggunaan teknologi digital dalam tata kelola UKM diyakini berdampak baik untuk berkelanjutan UKM
References
Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19. Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2, 1–14.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. Kemiskinan Provinsi Bengkulu 2018-2020. , (2020).
Darmi, T., Nuryakin, & Mujtahid, I. M. (2022). Social Capital Analysis in Small and Micro Enterprises ( SMEs ) Management during the Covid - 19 Pandemic. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 26(May), 47–58.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Hanoatubun, S. (2020). DAMPAK COVID – 19 TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA. EduPsyCouns, 2(1), 146–153. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423.
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89–98. Retrieved from http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April), 2–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.
Situmorang, J. (2015). Strategi UMKM dalam menghadapi iklim usaha yang tidak kondusif. Infokop, 87–101. Retrieved from http://www.jurnal.smecda.com/index.php/infokop/article/view/192.
Tambunan, T. (2008). SME Development in Indonesia: Do Economic Growth and Government Supports Matter? SSRN Electronic Journal, 1–19. https://doi.org/10.2139/ssrn.1218922