PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Authors

  • Ahmad Zazili SMPN 14 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v1i2.1636

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu menggunakan model think talk write berbasis edmodo. Era digital pada saat ini membuat para guru berinovasi dalam pembelajaran, diantara kecanggihan digital yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran adalah dengan memanfaatkan handphone yang dimiliki siswa sebagai media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi adalah edmodo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan think talk write berbasis edmodo dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan persentase sebesar 18,97%.

References

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network "Edmodo" Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif DI Prodi Ptm Jptk FKIP UNS. Jurnal JIPTK, VI (2), 99-105.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Rajawali Pres

Priowirjanto, G. 2013. Southeast ASian Minsiter of Education Organization Regional Open Learning Center. E-Jpurnal Education Prosiding. Diakses pada tanggal 4 April 2020

Sindu, I.G.P., Santyasa, I.W & Sukra, W. 2013. Pengaruh Model E-Learning Berbasis Ma-salah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pen-didikan Ganesha, Volume 3.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Vidayanti, N. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember , 137-144.

Downloads

Published

2020-10-01
Abstract viewed = 116 times