PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS IQRA’ TERPADU KOTA BENGKULU

Authors

  • Endang Sulaiman Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v1i2.1049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan September sampai Oktoebr 2019 di SMA Iqra Terpadu Kota Bengkulu pada kelas X IPA1. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Planning (rencana), 2) Action (tindakan), 3) Observation (observasi), 4) Reflection (refleksi). Pengumpulan data menggunakan tes di tiap akhir siklus dan lembar observasi. Data tes hasil belajar diperoleh dengan menggunakan ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan hasil belajar Biologi. Pada siklus I diketahui dari lembar observasi aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata 30,5 dengan kategori baik, siklus II dengan rata-rata 37,5 dengan kategori baik dan silkus III dengan rata-rata 41,5 dengan kategori baik. Pada lembar observasi siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 34,5 dengan kategori baik, siklus II dengan rata-rata 41,5 dengan kategori baik dan siklus III dengan rata-rata 41 dengan kategori baik. Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dimana pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 56,25 % dengan kriteria belum tuntas, siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 78,12 % dengan kriteria belum tuntas dan siklus III diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 87,5 % dengan kriteria tuntas.

 

Kata Kunci : ARIAS, Hasil belajar siswa, Model.

Author Biography

Endang Sulaiman, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Pendidikan Biologi

References

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Bengkulu:

Depdiknas.

Djamarah, S. B dan Aswan, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru.

Hamalik, O. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, O. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, Daroji. 2007. Konsep dan Penerapan SAINS BIOLOGI 1 Untuk Kelas VII SMP dan MTs. Solo: PT. Tiga Serangkai.

Nasution. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Rostieyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.

Rani, S. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Energi dan Usaha Di Kelas VIIb SMP N 11 Bengkulu Dengan Model Pembelajaran ARIAS Melalui Metode Eksperimen. Skripsi: UNIB. Tidak dipublikasikan.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineke

Cipta.

Sopah, Djamaah. 2007. Pengembangan dan Penggunaan Model Pembelajaran ARIAS.http://www.Ncela.guru.edu/practice/itc/essons/model Pembelajaran ARIAS. Htm.

Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandumg:

PT Remaja Rosdakarya.

Sudjoko, S. M. 1985. Pengajaran Biologi Secara Individual. Jakarta: Universitas

Indonesia.

Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Usaha Nasional: Surabaya- Indonesia.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11. 2008. Kriteria Ketuntasan Minimal

(KKM). Pemerintah Kota Bengkulu Dinas Pendidikan Nasional:

Bengkulu.

Wardani, dkk. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiherington, dkk. 1986. Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar. Bandung:

Jemmars.

Zuriah, N S. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Malang: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-10-05
Abstract viewed = 173 times