Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Bengkulu Tengah

Authors

  • Atika, Veronica Sari, Siti SD Negeri 5 Bengkulu Tengah

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v1i2.1046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan  aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 5 Bengkulu Tengah melalui pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan pemanfaatan lingkungan sekolah adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Untuk hasil observasi guru pada siklus I di peroleh skor rata-rata 27 aktiviras guru dengan kriteria cukup  meningkat pada siklus II sebesar 30 dengan kriteria baik meningkat kembali pada siklus III sebesar 34 dengan kriteria baik. Sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 26 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II sebesar 29 dengan kriteria baik meningkat kembali pada siklus III sebesar 31 dengan kriteria baik. persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 65,38% (belum tuntas) meningkat pada siklus II  76,92% (belum tuntas) meningkat kembali pada siklus III  88,46% (tuntas). Untuk penilaian aktivitas guru dan siswa menggunakan lembar observasi, sementara itu penilaian tes dianalisis dengan lembar tes tertulis. Dari hasil analisa yang telah dilakukan, maka pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa SD Negeri 5 Bengkulu Tengah.

 

Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, inkuiri, Sekolah Dasar.

Author Biography

Atika, Veronica Sari, Siti, SD Negeri 5 Bengkulu Tengah

SD Negeri 5 Benteng

References

Ahmadi, Abu Dan Ubhiyati, Nur. 1991. Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Agustanti, T.H. 2012. Emplementasi Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Diaksis dari: http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii. 4 Januari 2015.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profisi Guru. Rajawali Pres. Jakarta.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ngalium. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Banjarmasin.

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengolaan Pengajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Suharnni, Neni. 2009. Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pad Mata Pelajaran Biologi Kelas VII A SMPN 7 Bengkulu Selatan. UMB. Bengkulu.

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alfabeta Cv. Bandung.

Sadirman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Samsudin. 2010. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belejar Biologi Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII A SMPN No 02 Kerkap Bengkulu Utara. UMB. Bengkulu.

Sudijono, A. 2004. Pengantar Evaluasi pendidikan Rajawali Prest. Jakarta.

Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga. Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktivitas. Prestas Pustaka. Jakarta.

Downloads

Published

2020-10-05
Abstract viewed = 205 times