PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA ANTARA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL INKUIRI DI SMP NEGERI 1 TANJUNG KEMUNING

Authors

  • detah detah Kaur

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v1i2.1040

Abstract

This research aims to look at differences in the ability of creative thinking among student who obtained Problem Based Learning (PBL) model, inquiry and conventional. The research was conducted on April – Mei, 2013 in SMP Negeri 1 Tanjung Kemuning, on the subjects of biology class VIII semester academic year 2012/2013. The method used in this study was quasi experimental. The design study is Pretest-Postest Control Group Design. Samples in this study were students in grade 5 class amount, taken 3 homogen classes using pretest skor. Research data collection using an test instrument, as for the data analysis techniques are us to test the hypothesis in this study is to use the One Way Anova and Post-Hoc Test using LSD. Abilities of student who obtain a Problem Based Learning (PBL) model moss is a 12,96 and inquiry model is a 12,12. There were no significant differences in the result of creative thinking abilities of student who obtain PBL model and inquiry model. There are significant differences in the result of creative thinking abilities of student receiving learning PBL model and inquiry model with conventional model.

 

Keywords: PBL model, Inquiry model, Creative Thinking

Author Biography

detah detah, Kaur

Kaur

References

Amien, M. 1988. Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inkuiri. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Ahmadi, A. Dkk. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Anonim. 2011. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: fokus media.

Arnyana, I.P.B. 2006. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Diakses 12 Desember 2012 di www.undiksha.ac.id/images/img_item/607.com.

Hutagalung, B.D. 2012. Kemampuan Hasil Berpikir Kreatif Siswa Antara yang Memperoleh Pembelajaran Pendekatan Kooperatif Model Jigsaw Dibandingkan dengan Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMAN 1 Curup Selatan. Tesis. UMB. Bengkulu.

Irwandi. 2010. Model Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual. Bengkulu: UMB Press.

Iskandar. 2012. Psikologi pendidikan: sebuah Orientasi Baru. Referansi. Jakarta.

Karyanto, dkk. 2004. Bioedukasi Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. FKIP UNS.

Lestari, D.P. 2009. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas VIII Melalui Model Penilaian Portofolio di SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009.

Munandar, U. S. 2001. Kreativitas dan Keterbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, U. S. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayati, E. 2011. Psikologi pendidikan Inovatif. Yogyakarta: pustaka Belajar.

Hamalik, O. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: bumi Aksara.

Pratiwi, Y.P. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Diakses Oktober 2012 di http: //dglibuns.ac.id/pengguna.php%3fmn%3showview%26id%3D26497.

Rianawati, I. 2009. Fotosintesis. Diakses Januari 2013 dari: Copyright@2009 by Ida Rianawaty/idarianawaty@yahoo.co.id.

Rustaman, N.Y. 2005. Perkembangan penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Pendidikan Sains. Bandung : UPI. ( tidak diterbitkan)

Rustaman, N.Y. 2008. Pembelajaran Inkuiri Untuk Mengembangkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah (KDBI) dan Berpikir Kreatif Pada Konsep Bioteknologi. Bandung: UPI (tidak diterbitkan)

Rodiyana, R. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa: Studi eksperimen Quasi di SDN Cijati Kecamatan Majalengka.Tesis. diakses Juni 2013 di http://repository.upi.edu/cgi/search/simple?q=&_action_search=Search&_action_search=Search&_order=bytitle&basic_srchtype=ALL&_satisfyall=ALL

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati, R. 2012. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-efficacy Mahasiswa Antara Model Problem Basic Learning (PBL) dengan Model Ekspositori Pada Mata Kuliah Evolusi di Program Studi Program Studi Biologi FKIP UHAMKA. Tesis. UMB. Bengkulu.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2005. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

__________. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardjo, M dan Komarudin, U. 2010. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Ideal.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, J. S. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2020-10-01
Abstract viewed = 121 times