PENGGUNAAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ELABORASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Authors

  • Salmeri Salmeri SMAN 7 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v1i2.1038

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi dapat meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7  Kota Bengkulu.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sedangkan observasi melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan.. rata-rata aktivitas guru sebesar 33 yang termasuk dalam kategori baik dan skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 28,5 yang termasuk ke dalam kategori cukup. Pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi 37,5 yang termasuk dalam kategori baik dan skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 34,5 yang termasuk dalam kategori baik. Hasil tes pada siklus nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal siswa mengalami peningkatan setiap siklus nilai rata-rata pada tes akhir siklus I sebesar 74,26 dan mengalami peningkatan pada hasil tes siklus II menjadi 89,43 sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 80% meningkat menjadi 97,14% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Dengan Model Elaborasi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar  biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu

Author Biography

Salmeri Salmeri, SMAN 7 Kota Bengkulu

Pendidkan Biologi

References

Aqib, Zainal dan Rohmanto, Elham. 2008. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Badung : Yrama Widya.

Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. 2008. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukamadinata, Nana Syaodih. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktinistik. Jakarta: Pretasi Pustaka Publisher.

Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-10-01
Abstract viewed = 259 times