PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN IPA DAN IPS DI SMPIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU

Authors

  • Haifa Wahyu fakultas ilmu kesehatan, universitas muhammadiyah bengkulu
  • Herlenayati Herlenayati SMPN 5 Kota Bengkulu
  • Medi Prasetia SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu
  • Liza Fitria Lina Fakultas ilmu kesehatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i1.766

Abstract

Kebutuhan akan orientasi baru dalam pendidikan terasa begitu kuat dan nyata dalam berbagai aspek dan bidang kajian, baik eksakta maupun ilmu-ilmu sosial. Para pendidik dan praktisi pendidikan sudah seharusnya mampu merespon perubahan yang terjadi dengan mengubah paradigma pendidikan. Salah satu cara untuk menjawab dan mengatasi perubahan yang terjadi secara terus-menerus adalah dengan mengimplementasikan berbagai model pembelajaran inovatif, yang diharapkan mampu mendongkrak kualitas proses pembelajaran. Lesson Study merupakan suatu cara untuk meningkatkan profesionalisme pendidik melalui pendekatan kolaboratif. Dalam metode ini termuat prinsip kolaborasi saling membantu untuk membangun komunitas belajar. Lesson Study memiliki tiga siklus kajian, yaitu plan (merencanakan), do (melaksanakan), dan see (merefleksi). Ketiga siklus kajian tersebut, yaitu (1) plan; secara kolaboratif guru model merencanakan pembelajaran berpusat pada siswa, (2) do; seorang guru model melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan guru lain mengobservasi aktivitas belajar siswa, dan (3) see; melalui prinsip kolaboratif merefleksikan keefektifan pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung pada tanggal 24-28 Februari 2020 di SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Hasil Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini didapatkan peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA dan IPS yang tampak dari  antusiasme para siswa memperhatikan pembelajaran, sebagian besar siswa dapat memahami materi dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dilihat dari mengerjakan LKS, hasil presentasi siswa dan siswa lebih banyak yang aktif dari pembelajaran biasanya.  Rencana tindak lanjut sebagai saran kepada pihak sekolah yaitu melaksanakan lesson study secara rutin pada mata pelajaran IPA dan IPS.

Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Lesson Study,  Pelajaran IPA dan IPS

References

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman. 2011. Model-model pembelajarn mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Yan Vita. 2014. Metode-metode pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Pendekatan Scientific. Semarang: Rasail Media Group

Moh. Roqib dan Nurfuadi. 2009. “Kepribadian Guru: Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depanâ€, Jogjakarta: Grafindo Litera Media.

Peraturan Perundangan Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Abdul Gafur. 2012. Desain Pembelajaran : Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta : Ombak.

Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurbaity, Sondang, dan Wahyu Rochadi Utami. 2010. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam IPA Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio Melalui Lesson Study di SMP Sekolah Alam dan Sains Aljannah Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 6, Nopember 2010.

Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009, Di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung

Prayekti dan Rasyimah, 2012. Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 1, Maret 2012

Suparno, N & Tamtomo H. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Setiawan. I, Suciati, Dedi, & Muslich A. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.

Setiawan. I, Suciati, Dedi, & Muslich A. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Published

2020-06-28
Abstract viewed = 180 times