STRATEGI PENGEMBANGAN BUMDES TANJUNG BERINGIN KECAMATAN CURUP UTARA, KABUPATEN REJANG LEBONG

Authors

  • Kresnawati Kresnawati Universitas Dehasem
  • Siti Hanila Universitas Dehasen
  • Cahya Susena Universitas Dehasen
  • Yode Arliando Universitas Dehasen
  • Arius Sartoni Universitas Dehasen
  • Meiffa Herfianti Universitas Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i3.597

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDEs) dalam kegiatan usahanya melakukan study kelayakan usaha berbasis kearifan lokal terlebih dahulu. Dengan konsep dari, oleh dan untuk masyarakat desa, BUMDes seyogyanya mampu menggali potensi yang ada di desa dan menjadi unit usaha tanpa mematikan usaha masyarakat yang ada. BUMDes Beringin Sejahtera Kecamatn Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong memiliki 3 unit usaha meliputi Saprodi penjualan gas elpiji dan produksi kopi robusta unggulan petik merah. Dari analisis SWOT dan QSPM disimpulkan bahwa persoalan mendasar bagi unit usaha kopi adalah dibidang pemasaran dan administrasi pembukuan BUMDes, meskipun dari sisi SDM pengolahan kopi sudah cukup baik.

Author Biography

Kresnawati Kresnawati, Universitas Dehasem

References

Asih, D.N. 2009. Analisis karakteristik dan tingkat pendapatan usaha tani bawang merah di Sulawesi Tengah. J. Agroland : 16(1):533-59.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. 2013. Provinsi Bengkulu dalam angka 2013. Bengkulu : CV. Nagarindo Cipta Persada.

Listyati, D., Sudjarmoko, B., dan Hasibuan, A.M. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi benih unggul kopi di Lampung. Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar : 4(2):165-174.

Profile Desa dalam RPJM Desa Tanjung Beringin.

Sugandi, D., Fauzi, E., Farmanta, H.Y., Bidi, H., Wawan A., dan Putra E. 2014. Analisis kebijakan dan penyusunan ROK 2015-2019. Bengkulu

Additional Files

Published

2019-12-20

Issue

Section

Edisi Desember Vol 2 No 3 2019
Abstract viewed = 401 times