MEMPERKENALKAN BAHASA INGGRIS UNTUK PELAJAR MUDA DENGAN MENGGUNAKAN EDUGAMES BERSAMA DEAR_3NGLISH COURSE DI SDN 07 KOTA BENGKULU

Authors

  • Ria Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivan Achmad Nurcholis Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Yupika Marsyansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Restu Rianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

Abstract

Di era globalisasi ini, Bahasa Inggris menjadi Bahasa penghubung agar koneksi antar sesama tidak terpisahkan oleh perbedaan Bahasa. Pemerintah di Indonesia pun ikut andil dalam hal ini dan menyediakan Bahasa Inggris pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat serta Sekolah Menengah Keatas (SMA) dan sederajat. Namun tingkat pengetahuan tentang pentingnya Bahasa Inggris cukup rendah di Indonesia. Dan dengan sedikitnya motivasi semangat belajar dari para pelajar muda, membuat Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang kurang diminati terutama pada tingkatan Sekolah dasar (SD). Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang dilakukan di SD negeri 07 kota Bengkulu. Dapat menghasilkan para pelajar muda yang berkeinginan, aktif serta semangat dalam belajara Bahasa Inggris. Dengan didukungnya oleh teknologi seperti projector yang mempermudah pembuatan dan penyampaian materi yang edukatif serta dapat mengentertain pelajar muda, DeaR_3nglish Course berinovasi memperkenalkan Bahasa Inggris meggunakan Edugames sebagai media yang dapat menarik minat para pelajar muda di SD Negeri 07 kota Bengkulu. Kegiatan 4 pertemuan dikelas dengan 2 pertemuan materi dan 2 pertemuan tes dalam kurun waktu 12 hari menghasilkan data yang cukup memuaskan. Dengan perkembangan games dan penyesuaian terhadap materi yang diajarkan. Para pelajar muda yang diajar terkhususnya anak kelas empat (IV) di SD Negeri 07 kota Bengkulu menghasilkan perkembangan yang cukup memuaskan. Serta partisipasi dan semangat para pelajar muda di di SD Negeri 07 yang aktif dalam belajar mengajar dan tes yang telah diberikan diharapkan dapat meningkatkan potensi siswa dalam mata pembelajaran Bahasa Inggris yang berguna dalam kehidupan sehari hari.

Kata Kunci:  Bahasa Inggris, Edugames, pelajar muda

References

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Angraini, R., Maryansyah, Y., Nurcholis, I. A., Nur, S., Studi, P., Bahasa, P., Bengkulu, U. M., Artikel, I., & Bahasa, K. (2022). Siswa Inklusi Melalui Exclusion Course Di Sd Alam. 5(2), 867–872.

Asnan, W., Umar, M. K., & Payu, C. S. (2016). Penggunaan Media Edu-Game Berbasis Ular Tangga Fisika dalam Pembelajaran Materi Gelombang pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo. Jambura Journal of Educational …, 11, 139–146. https://www.neliti.com/publications/277652/penggunaan-media-edu-game-berbasis-ular-tangga-fisika-dalam-pembelajaran-materi

Cahyati, S. S., Parmawati, A., Atmawidjaja, N. S., & Siliwangi, I. (2019). Optimizing English Teaching and Learning Process To Young Learners (a Case Study in Cimahi). Journal of Educational Experts P-ISSN, 2(2), 2614–3518.

Harmer, J. (2007) The Practice of English Language Teaching. Fourth Edition. UK: Pearson Longman, 82-83.

Hunter, C., et al. (2005). Games for English and Language Arts. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/Games_for%20English_and_Language_Arts.pdf

Nuryanto, I., & Hariyadi, I. F. dan G. T. (2019). Edugame Terhadap Performance Literacy Pendidik Tk Islam. 4(2), 174–179. https://media.neliti.com/media/publications/292286-pengaruh-implementasi-sharia-edugame-ter-fc0f843f.pdf

Saleh, Alaa Mamoun. (2022). The Effect of Using Educational Games as a Tool in Teaching English Vocabulary to Arab Young Children: A Quasi-Experimental Study in a Kindergarten School in Saudi Arabia. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/21582440221079806

Downloads

Published

2023-04-11
Abstract viewed = 75 times