PEMBINAAN LITERASI BAHASA INGGRIS PEMUDA SADAR WISATA DESA JENGGALU KOTA BENGKULU MELALUI RUMAH BACA SALAM (SATU ASA DARI LAUT DAN ALAM MANGROVE)

Authors

  • Ira Maisarah Universitas Bengkulu
  • Reza Satria Rinaldi Universitas Bengkulu
  • Ari Anggoro Universitas Bengkulu

Abstract

Desa Jenggalu yang berlokasi di Jl. Jenggalu 03 Kelurahan Lingkar Barat Kecamatan Gading memiliki objek wisata laut dan alam berupa hutan Mangrove. Oleh karena itu, perlu kiranya kelompok pemuda sadar wisata Desa Jenggalu memperkenalkan objek-objek wisata yang ada kepada turis domestik dan mancanegara sebagai upaya untuk membantu pemerintah Kota Bengkulu dalam mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut. Sehingga, pembinaan literasi menjadi sangat penting, salah satunya adalah pembinaan literasi bahasa Inggris. Pembinaan literasi Bahasa Inggris ini berupa pengadaan perpustakaan mini SALAM (Satu Asa dari Laut dan Alam Mangrove). Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan dengan metode Participatory Action Research (PAR) yang dilaksanakan secara partisipatif bersama kelompok pemuda sadar wisata di Desa Jenggalu, Kota Bengkulu. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Jenggalu antuasias dengan adanya rumah baca SALAM tersebut. Kompetensi literasi Bahasa Inggris kelompok pemuda sadar wisata Desa Jenggalu juga bertambah dengan adanya buku-buku bacaan yang relevan yang berisikan kosakata, percakapan sehari-hari, menjadi pemandu wisata, dan pengetahuan tentang hutan mangrove. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat setempat terutama kelompok pemuda sadar wisata Desa Jenggalu.

References

Alfri. (2014). Terungkap Alasan Kenapa Turis Asing Senang Liburan ke Indonesia, Kita Harus Bangga! https://travelingyuk.com/alasan-bule-liburan-di-indonesia/620

Arida, I. N. S. (2017). Ekowisata Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan Ekowisata. Cakra Press.

Asrul, N., Daulay, I. K., Rahmawati, Lubis, B. N. A., & Husda, A. (2021). Pelatihan Literasi Bahasa Inggris Bagi Siswa SDNegeri Percobaan Medan. Jurnal Pustaka Mitra, 1(1), 1–5. http://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/36

Aulia, M. (2018). Optimalisasi Taman Bacaan Masyarakat dalam Menumbuhkan Minat Baca Di Kalangan Remaja. Comm-Edu: Community Education Journal, 1(3), 146–153. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/734

Aulia, V., Maulida, H., Kuzairi, K., & Saputra, I. H. (2017). Pelatihan Penggunaan Bahasa Inggris Untuk Pariwisata (English For Tourism) Bagi Siswa SMKN 4 Banjarmasin. J-ABDIPAMAS, 1(1), 40–49. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS/article/view/78

Badan Perencanaan, P. dan P. D. P. B. (2017). Rencana Aksi Daerah Pengembangan Ekonomi Kemaritiman Provinsi Bengkulu Tahun 2017.

Basalamah, M. R., Rizal, M., & Efendi, E. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42. https://doi.org/ 10.31849/dinamisia.v4i1.3751

Bonita, N. (2016). Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Labuan Cermin di Kabupaten Berau. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1499–1510. https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/10/Nita Bonita (10-21-16-10-23-20).pdf

Eriska, V., & Ramansyah. (2017). Pentingnya Rumah Baca. http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/read/2017/02/12/282971/pentingnya_rumah_baca/

Firdaus, N. M. (2014). Dampak Pelatihan Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Berbicara Dan Kepercayaan Diri Tourists Guide (Studi Kasus Di Pkbm Bina Terampil Mandiri Cisarua Bandung Barat). Jurnal Empowerment, 3(1), 71–77. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/574

Fitri, M. O. (2020). Perancangan Website Rumah Baca Al-Syajarah sebagai Media Promosi. Jurnal Teknosains, 14(1), 20–25. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/teknosains/article/view/12937

Holik, A. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sudut Baca Soreang dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50–56. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM/article/view/41

Hulu, F., Saragih, S. P., & Afridola, S. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Pariwisata di Kampung Pulau Akar, Batam. 1(1), 278–283. https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/sabdamas/article/view/1017

Kharizmi. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendas, 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233

Mustangin. (2018). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Di Rumah Baca Bandung. Urnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 133–141.

Saepudin, E., Sukaesih, & Rusmana, A. (2017). No Title. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 1–12. https://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/10821

Sari, R. A., Marsakawati, N. P. E., & Suyasa, M. D. S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Bahasa Inggris Untuk Pariwisata Bagi Masyarakat di Dusun Babakan Desa Sambangan. Proceeding Senadimas Undiksha, 1590–1597.

Sintiawati, N. (2021). Peran “Rumah Baca Taman Sekar” dalam Mengembangkan Literasi Anak Melalui Lomba Menulis Surat. E-Plus, 6(1), 50–56. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/11424

Yudiyanto, Hakim, N., Carolina, H. S., Andri, T., Setiawan, Dewi, A. F., & Sari, T. M. (2019). No Title. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyaraka, 1(343–358). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1763

Downloads

Published

2023-03-21
Abstract viewed = 71 times