PELATIHAN KEPEMIMPINAN, PEMBUKUAN SEDERHANA DAN APLIKASI OFFICE DALAM RANGKA TERTIB AMINISTRASI DI DESA DATAR RUYUNG KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Authors

  • Rozali Toyib Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muntahanah Muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • yulia darnita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i3.454

Abstract

Desa Datar Ruyung berada pada ketinggian 0-541 M di atas permukaan laut, dengan topografi dataran tinggi, berbukit-bukit,gambut, dan bersungai. Jenis tanah pada umumnya tanah hitam dan abu-abu. Potensi di Desa Datar Ruyung yaitu Wilayah Pengembangan, Pemukiman, Pertanian, penduduk Desa Datar Ruyung berjumlah 240 KK dan Jumlah penduduk seluruhnya 770 jiwa Desa Datar Ruyung dipimpin oleh seorang kepala desa yang dibantu oleh sekretaris desa dan lima kepala seksi yang terdiri dari kepala seksi pemerintahan, kepala seksi pembangunan, kepala seksi pelayanan umum, dan kepala seksi trantip. Organisasi lain yang dibentuk berdasarkan undang-undang atau peraturan pemerintah yang ada di Desa Datar Ruyung yaitu Karang Taruna, PKK, Koperasi, Remaja Islam Masjid dan Pos Pelayanan Terpadu. Adapun lembaga-lembaga sosial tersebut berfungsi untuk menampung aspirasi masyarakat juga sebagai wadah untuk mengembangkan kesadaran masyarakat untuk pembangunan. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa menjelaskan bahwa Desa pada Tahun 2015 akan mendapatkan kucuran dana sebesar 10% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dana yang masuk ke Desa tersebut dinamakan Dana Desa. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk itu perlunya pengelolahan dana desa yang menjadi konsen dari pemerintah untuk itu dibutuhkan kemampuan manejerial dari kepala desa sebagai pemimpin  dan kemampuan perangkat desa dalam hal pembukauan dan administrasi perkantoran dituntut kemampuannya dalam penguasai teknologi komputer dalam hal ini adalah aplikasi office.

References

Fahri, Lutfhi Nur. "Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Dana Desa terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Pembangunan Desa." Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara 11.1 (2017): 75-88.Bay, Kaizal. "Pengertian Ulil Amri dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Masyarakat Muslim." Jurnal Ushuluddin 17.1 (2011): 115-129.

Salah satu cara untuk menyukseskan pembangunan di desa adalah dengan meningkatkan pendapatan desa Besar kecilnya pendapatan desa dipengaruhi oleh strategi yang dilakukan oleh BUMDES dalam mengelola dan memaksimalkan aset-aset yang ada di desa. Karena menurut PP no 72 tahun 2005 pasal 78 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan badan usaha yang dibentuk dalam rangka meningkatkan pendapatan asli desa

Asnawi, Sahlan. "Semangat kerja dan gaya kepemimpinan." Jurnal Psikologi 26.2 (1999): 86-92.

Riyadi, Slamet. "Pengaruh kompensasi finansial, gaya kepemimpinan, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan manufaktur di Jawa Timur." Jurnal manajemen dan kewirausahaan 13.1 (2011): 40-45

Tampubolon, Biatna Dulbert. "Analisis faktor gaya kepemimpinan dan faktor etos kerja terhadap kinerja pegawai pada organisasi yang telah menerapkan SNI 19-9001-2001." Jurnal standardisasi 9.3 (2007): 106-115.

Afriansyah, Hade. "Administrasi Keuangan." (2019).

Husnan, Suad. "Manajemen keuangan." (2014): 1-48.

Manurung, Suryani, and Efendi Napitupulu. "Strategi Pelatihan dan Tipe Kepribadian terhadap Hasil Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengenalan Pemanfaatan TIK." Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan 1.2 (2014).

Lombok, Ahmad Susan Pardiansyah-STMIK. "Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Lombok Menggunakan." IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering 1.1 (2015).

Wiranto, Ifan, Bambang Panji Asmara, and Ade Irawaty Tolago. "Pelatihan keterampilan Dasar Komputer Dan TeknologiInformasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Dan Perangkat DesaAlata Karya Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara." KKS Pengabdian Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo (2015).

Subroto, Agus. Akuntabilitas pengelolaan dana desa (studi kasus pengelolaan alokasi dana desa di desa-desa dalam wilayah Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung Tahun 2008). Diss. UNIVERSITAS DIPONEGORO, 2009.

Published

2019-12-20

Issue

Section

Edisi Desember Vol 2 No 3 2019
Abstract viewed = 208 times