PEMBERDAYAAN PENGURUS GAPOKTAN TERATAI UNTUK MENINGKATKAN TATAKELOLA ADMINISTRASI SIMPAN PINJAM BAGI MASYARAKAT DI DESA SRIKUNCORO BENGKULU UTARA PROPINSI BENGKULU

Authors

  • Yusmaniarti Yusmaniarti Fakultas Ekonomi Universitas Muhammaiyah Bengkulu
  • Marini Marini Fakultas Ekonomi Universitas Muhammaiyah Bengkulu
  • Ratnawili Ratnawili Fakultas Ekonomi Universitas Muhammaiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i2.448

Abstract

 

Usaha simpan pinjam Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) telah melakukan penyusunan laporan keuangan tapi masih sangat sederhana dan laporan keuangan dan belum dibuat setiap priode tahunan ,laporan keuangan akan dibuat apabila akan dibuat apabila akan dilakukan rapat anggota yang dilakukan setiap tiga tahun sekali. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan ketrampilan administrasi simpan pinjam bagi masyarakat (GAPOKTAN). Penyusunan administrasi keuangan secara benar dan akuntabel dapat menggambarkan kondisi keuangan dan imformasi keuangan khususnya kepada anggota dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.Masalah utama yang menjadi fokus dalam pengembangan simpan pinjam GAPOKTAN teratai adalah pengetahuan dan pemahaman SDM  tentang administrasi keuangan simpan pinjam masih rendah dan belum mendapat pembinaan dalam pengembangan usaha. Peningkatan pengetahuan tentang adminstasi keuangan sangat penting untuk membuat laporan keuangan yang benar dan akuntabel . Laporan keuangan yang benar dan akuntabel sangat penting untuk memperoleh imformasi mengenai posisi dan kinerja keuangan. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pelatihan dan pendampingan yang melibatkan anggota dan unsur  pengurus simpan pinjam GAPOKTAN Teratai dalam hal administasi simpan pinjam dan  pembuatan laporan keuangan. Dari kegiatan ini target dan hasil capaiannya adalah meningkatkan pemahaman para pengurus tentang kesadaran akan pentingnya penyelenggaraan lembaga keuangan yang secara hukum terdaptar dan diakui oleh pemerintah  serta juga meningkatkan pemahaman para pengurus tentang kesadaran  akan pentingnya pengelolaan administrasi keuangan yang baik,benar dan akuntabel.

 

Kata Kunci: Keterampilan Administrasi,  Simpan Pinjam, GAPOKTAN

References

DAFTAR PUSTAKA

Revikasari, Nita. 2010. Penyuluhan Pertanian Pada Masyarakat Tani. Jakarta: Aditama.

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Suyono, Haryono. 2005. Sinergi Baru Pemberdayaan Keluarga Seri Menyegarkan Gerakan Keluarga Sejahtera. Jakarta : Yayasan Damandiri.

Suhaeti, Rita N dkk. 2014. Arah Kebijakan Pasca Revisi Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Bogor : Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Sukino. 2014. Membangun Pertanian Dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Zakaria, Abbas Wan. 2008. Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Kunci Kesejahteraan Petani. Bandar Lampung : Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Nurhayati, Fitri, 2018. Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPKTAN) Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga di Desa Glonggong Kecamatan Gondang Kabupaten Seragen; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamamdiyah Surakarta

Published

2019-08-10

Issue

Section

Edisi AGUSTUS Vol 2 No 2 2019
Abstract viewed = 520 times