PENDAMPINGAN PELATIHAN KOPERASI PADA KELOMPOK TANI KAKAO DESA WARINGIN SARI KEC. SUKOHARJO KAB. PRINGSEWU, LAMPUNG

Authors

  • Wagiyo Wagiyo STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i2.446

Abstract

Koperasi adalah suatu badan hukum yang dibentuk atas asas kekeluargaa dimana tujuan nya adalah untuk mensejahterakan para anggotanya.Koperasi dapat didirikan secara perorangan atau badan hukum koperasi, Secara etimologi istilah Koperasi berasal dari kata “co-operation†yang artinya kerjasama. Jadi setiap anggota memiliki tugas dan tanggungjawab dalam operasional koperasi serta memiliki hak suara yang sama dalam pengambilan keputusan.

Kelompok Tani Kakao Desa Waringin Sari, Kec,Sukoharjo Kab.Pringsewu dengan jumlah anggota sebanyak 80 Petani, dengan luas lahan +/- 50 ha, yang juga tergabung sebagai anggota dari Aski (Asosiasi Kakao Indonesia)se-Kabupaten Pringsewu, seanyak 5 kecamatan dengan jmlah anggota 2.000 petani kakao

Untuk keperluan pemenuhan kebutuhan modal secara bersama, maka kesepakatan para anggota ingin melakukan pembentukan Koperasi yang dijakan wadah untuk mengatasi keuangan anggota, sehingga perlu pemahaman tentang Koperasi.

Guna pemahaman  oleh karena ini perlu dilakukn pelatihan/penjelasan secara langsung dari lembaga yang terkait, yaitu Dinas Koperasi Kabupaten Pringsewu, yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019, dari hasil pembahasan disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani Sdr. Romlan segera memenuhi persyaratan untuk pembentukan Koperasi dengan Modal Dasar Rp. 15.000.000,- Rapat anggota dibuat dan disyahkan oleh Notaris yang direkomendasi/terdaftar di Koperindag Pringsewu.

 

Kata Kunci:   Koperasi, Pendampingan Pembetukan Koperasi

References

Daftar Pustaka

Bambang S, Drs.ASetiady,G.Karta Sapoetra, (2007), Koperasi Indonesia, Rineka Cipta, Bina Adiaksara, Yogyakarta

Irsyad Muchtar, Muhammad Taufik, (2013),100 Koperasi Besar Indonesia, Surya jaya, Jakarta

Dra. Nunik Widiyati, YW Sumindha, SH, (2002), Koperasi dan Perekonomian Indonesia, Rineka Cipta, Bina Adiaksara, Yogyakarta

Revrisoud Basir, (2015), Koperasi Indonesia, Edisi kedua, BEFE Yogyakarta

Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 tentang

Perkoperasian.

Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.Bappenas.

PERMEN No. 10/2015 tentang Kelembagaan

Published

2019-08-10

Issue

Section

Edisi AGUSTUS Vol 2 No 2 2019
Abstract viewed = 312 times