LOKAKARYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU IPA MELALUI PENGUATAN KONTEN DAN PRODUK KARYA ILMIAH

Authors

  • Tomi Hidayat Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i2.442

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan sebuah wadah persatuan guru IPA yang berfungsi sebagai sarana diskusi untuk musyawarah hal-hal yang terkait dengan masalah yang ada pada IPA itu sendiri. Masalah yang dihadapi MGMP itu sendiri terkait dengan kualitas dari guru IPA Sekolah Menengah Petama dan Atas (SMP dan SMA) khususnya di Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang terkait dengan penguasaan konten IPA yang masih sangat lemah. Program kegiaatan ini dilakukan atas beberapa tahapan yaitu (1) Penyampaian materi lokakarya dan pendampingan. Melakukan pelatihan dan pendampingan pada guru-guru IPA Kabupaten Ciamis dengan cara: a) Sosialisasi ke Sekolah-sekolah untuk menjelaskan akan diadakan lokakarya; b) Lokakarya implementasi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA; c) Pelaksanaan Lokakarya guru IPA di STAI Al-Ma’arif Kabupaten Ciamis Jawa Barat; d) Pelaksanaan penulisan artikel produk karya ilmiah. (2) Simulasi dan Evaluasi, setelah memperoleh pengetahuan dan wawasan tentang penguatan konten IPA dan penulisan artikel ilmiah maka diadakan simulasi penerapan pengajaran konten IPA dan membuat produk karya ilmiah berupa artikel. Evaluasi atas capaian lokakarya yang telah dilaksanakan terhadap guru-guru IPA yang menerapkan penguasan konten IPA dan membuat produk karya ilmiah adalah telah di publikasi artikel ilmiah di Jurnal Scopus, yaitu Journal of Physics Conferences Series. Hasil kegiatan ini yaitu: (1) Peserta memahami strategi penguasaan konten IPA; (2) Peserta memahami proses pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA; (3) Peserta memamahami pembuatan artikel ilmiah yang baik. (4) Peserta mengikuti seminar International Conference on Mathematic and Science Education di Bandung pada bulan Mei 2018 dan mensubmit artikel karya ilmiahnya di Journal  of Physics Conferences Series; (5) Beberapa artikel publish di jurnal Journal of Physics Conferences Series.

 

Kata Kunci : Profesionalisme, Konten, IPA, Karya Ilmiah

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dadan. 2012. Kreatif dalam membuat Website Profesional. Jakarta: Elex Media

……............. Menggagas Science Education yang Baik Terkait Esensial 21stCentury Skills. Disampaikan pada Seminar Nasioanal Science Education ke IV, Unesa: Surabaya.

Dahar, R.W. (2003). Aneka Wacana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung.

NRC. 1996. National Research Council: Nature of Science. NRC Publishing.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.

The North Central Regional Educational Laboratory and the Metiri Group. (2003). enGauge 21st century skills: Literacy in the digital age. Los Angeles: The Institute of Education Sciences (IES).

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wenna, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2019-08-10

Issue

Section

Edisi AGUSTUS Vol 2 No 2 2019
Abstract viewed = 372 times