LITERASI HALAL FOOD DAN SERTIFIKASI HALAL BAGI PELAKU USAHA MAKANAN RINGAN DI DESA CUKANGKAWUNG KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Biki Zulfikri Rahmat Universitas Siliwangi
  • Qiny Shonia Az Zahra Universitas Siliwangi
  • Elis Nurhasanah Universitas Siliwangi
  • Agus Ahmad Nasrulloh Universitas Siliwangi

Abstract

Literasi halal food dan Sertifikasi halal sangat penting bagi pelaku usaha pangan. Hal tersebut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual. Bahkan menurut BPJPH, di tahun 2024 produk pangan berupa makanan, minuman, serta hasil dan jasa sembelihan wajib bersertifikasi halal. Tetapi, tidak semua pelaku UMK mengetahui terkait literasi halal food dan sertifikasi halal, khususnya Ibu-ibu PKK dan para pelaku usaha makanan ringan di Desa Cukangkawung yang memiliki potensi dalam mengembangkan produknya. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menyampaikan literasi terkait pentingnya halal foods dan sertifikasi halal pada produk mitra melalui pelatihan literasi dan pendampingan sertifikasi halal. Metode kegiatan dilakukan dengan observasi, diskusi dan pelatihan. Lokasi kegiatan dilakukan di Desa Cukangkawung Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya. Setelah kegiatan ini dilakukan, >85% literasi peserta terkait halal food dan sertifikasi halal meningkat.

References

Faridah, H. D. (2019). Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research, 2(2).

Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PELANGKIAN MELALUI EDUKASI DAN LITERASI KEUANGAN PASAR MODAL MENUJU MASYARAKAT CERDAS BERINVESTASI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1). https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i1.763

Herlina, E., Setiawan, I., Prabowo, F. H. E., Usmar, D., & Fauzan, I. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL DALAM UPAYA MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA UNTUK KELOMPOK SADAR WISATA KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(3), 1006–1012. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.3409

Khan, M. A., Hashim, S., & Bhutto, M. Y. (2021). Factors Affecting Brand Relationship Quality of Halal Food and The Mediating Role of Halal Literacy. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(14). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i14/8576

Masruroh, N. (2020). The Competitiveness of Indonesian Halal Food Exports in Global Market Competition Industry. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1). https://doi.org/10.21580/economica.2020.11.1.3709

Salehudin, I. (2012). Halal Literacy and Intention of Muslim Consumers to Switch from Products Without Halal Label: An Instrument Development and Validation in Indonesia. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2004762

Salehudin, I. (2013). Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal, 2(1). https://doi.org/10.21002/amj.v2i1.1987

Sardiana, A. (2020). Halal literacy and halal product purchase dimension: A preliminary study. INSIGHT Journal, 6(101).

Tobing, D. S. K., Fathorazz, M., & Wulandari, G. A. (2018). Mapping the Competitive Advantage of SMEs in East Java, Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.15294/jdm.v9i1.14649

van der Vaart, H. J., & Gibson, T. (2008). Defining SMEs: A Less Imperfect Way of Defining Small and Medium Enterprises in Developing Countries.

Zahrah, A., & Fawaid, A. (2019). Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0: Prospek dan Tantangan. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2). https://doi.org/10.21009/hayula.003.2.01

Downloads

Published

2023-03-14
Abstract viewed = 189 times