PENGABDIAN MASYARAKAT IMPLEMENTASI PROMOSI POTENSI DESA MELALUI MEDIA ONLINE WEBSITE

Authors

  • Nanto Purnomo Universitas Islam Lamongan
  • Rifqi Ulul Albab Universitas Islam Lamongan
  • Husen Husen Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3571

Abstract

Salah satu sumber penyampaian informasi di era revolusi industri 4.0 yang kini menjadi kebutuhan sehari-hari adalah Internet. Internet sangat dibutuhkan bagi desa sebagai media promosi, media pemasaran, media informasi, media pendidikan dan media komunikasi yang dituangkan dalam bentuk website. Hasil pertanian yang melimpah merupakan potensi yang besar di kalangan pedesaan. Terdapat kesenjangan digital antara wilayah pedesaan dan perkotaan yang disebabkan karena masih belum meratanya infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kesenjangan ini berpengaruh terhadap kurangnya pemanfaatan TIK di tingkat desa. Untuk mewujudkan asas Keterbukaan dan akuntabilitas yang menjadi salah satu landasan dasar yang dianut desa Dalam menjalankan dan menyelenggaraan pemerintah desa. Maka dipandang penting adanya keberadaan website desa. Website ini diharapan bisa digunakan sebagai sarana media informasi dan promosi potensi-potensi yang ada di desa serta untuk akuntabilitas dan transparansi publik. Tujuan pembuatan website desa tidak lain untuk mempublikasikan informasi potensi desa dan  keberadaan desa ke dunia luar, sehingga mudah untuk diketahui banyak orang, menginformasikan Profil Desa, Potensi sosial dan Ekonomo, Keorganisasian Pemdes, Statistik Desa, Kabar Berita Desa dan Galeri sebagai Dokumentasi Desa.

Kata Kunci: Potensi desa, Promosi, Website

References

Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal oleh Kalangan Usaha di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30–40.

Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 33–41. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index

Purnomo, N., & Rusminah, S. (2021). MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |, 12(1), 191–199. https://doi.org/10.21009/JRMSI

Arifin, Z., Wahono, B. B., Prihatmoko, D., & Riyoko, S. (2020). Inovasi Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Produk Unggulan Daerah oleh Nelayan Purse Seine Menggunakan Teknologi GPS. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1), 54–62. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4779

Published

2022-08-15
Abstract viewed = 206 times