MANFAAT TABEL DATA USAHATANI BAGI PETANI DI KELURAHAN BLABAK KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI

Authors

Abstract

Kegiatan ini muncul salah satunya, dikarenakan antara lain akibat dari kurangnya pengetahuan dan ketrampilan petani dalam mencatat data kegiatan usaha taninya, sehingga menyebabkan petani sendiri mengalami kesulitan di dalam membuat perencanaan usahataninya, yang akibatnya hasil produksi dan pendapatan usaha taninya tidak sesuai harapan. Di samping itu, apabila ada pihak-pihak lain baik instansi terkait maupun pihak akademisi juga akan memgalami kesulitan untuk memperoleh data yg baik dan benar seperti di Kelurahan Blabak, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Oleh karena itu harus ada solusi atau jalan keluar. Tentu saja dalam kegiatan ini petani membutuhkan pendampingan dan bimbingan untuk mengatasi hal tersebut di atas. Sekaligus walau dalam suasana pandemi covid-19 kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam penguatan ketahanan pangan daerah berdasarkan pada potensi dan keunggulannya. Kegiatan pelatihan dan pendampingan diberikan kepada lima belas petani sebagai perwakilan dari kelompok tani di area. Tim pelatih adalah tidak hanya tenaga pendidik dan mahasiswa di perguruan tinggi, namun juga merupakan bagian penting dari penyuluh pertanian di area. Kegiatan pelatihan dan pendampingan berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani setempat dalam melakukan pencatatan kegiatan usahatani mereka dalam bentuk Tabel Data Usaha tani.

Kata Kunci: Tabel, data, usaha tani, perencanaan, pencatatan.

References

Abubakar, R., Iswarini, H., & Pratami, P. (2021). Simple Farming Business Bookkeeping in Nusa Serasan Village, Sungai Lilin District, Musi Banyuasin Regency. Altifani Journal: International Journal of Community Engagement, 2(1), 53. https://doi.org/10.32502/altifani.v2i1.3769

Batubara, M. M., Kurniawan, R., Ningrum, P. P., Fahmi, I. A., & Praningsih, E. W. (2019). Penerapan Sistem Pembukuan Usahatani Agribisnis pada Petani Yarnen untuk Menentukan Posisi Tawar di Desa Glebek Dalam Kabupaten Banyuasin. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 110–112.

Lisanty, N., Hadiyanti, N., Prayitno, R. A., & Chairul Huda, R. (2021). Pengolahan Limbah Dapur Menjadi Pupuk Organik Cair (POC) untuk Aplikasi Pertanian Lahan Pekarangan di Kecamatan Pace dan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Jatimas : Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 121–133.

Lisanty, N., & Junaidi, J. (2021). Produksi Pupuk Organik Cair (POC) dengan memanfaatkan Mikro Organisme Lokal (MOL) di Desa Jegreg Kabupaten Nganjuk. JATIMAS: Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10.

Lisanty, N., Rahardjo, D., Laili, N., Triana, W., & Wahyuniati, R. (2022). Pengolahan Jeruk Nipis untuk Peningkatan Nilai Tambah Produk Unggulan Desa Bolo , Kabupaten Gresik. JATIMAS: Jurnal Pertanian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9.

Probojati, R. T., Hadiyanti, N., Alfatin, M., Zulkarnain, A., & Lisanty, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Wadah Media Tanam di Desa Mojoroto Kelurahan Mojoroto Kota Kediri. J-Abdipamas, 6(1), 27–32.

Purbowo, Murtanti, D., & Priono, R. (2021). Pelatihan Analisa Usaha Tani Bagi Petani Padi di Desa Ngampel Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103–107.

Septiadi, D., Rosmilawati, Tanaya, I. G. L., Hidayati, A., & Usman, A. (2021). Penyuluhan Manajemen Pencatatan Usahatani Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Petani di Desa Otak Rarangan Kabupaten Lombok Timur. Jurnal SIAR ILMUWAN TANI, 2(2), 93–100. https://doi.org/10.29303/jsit.v2i2.52

Septiadi, D., Usman, A., Lanang, I. G., Tanaya, P., & Hidayati, A. (2021). Peningkatan Kapasitas Petani Melalui Pelatihan Pembukuan Usahatani di Desa Otak Rarangan Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 179–184.

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954

Published

2022-08-09
Abstract viewed = 24 times