PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN ECO ENZYME BERBAHAN LIMBAH KANTIN DI PONDOK PESANTREN DAARUL FIKRI MALANG

Authors

  • Wehandaka Pancapalaga Universitas Muhammadiyah Malang
  • Endang Sri Hartati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.3190

Abstract

Eco enzim adalah larutan yang  mengandung limbah buah dan sayur yang telah di fermentasi selama 90 hari. Adapun manfaatnya untuk kesehatan manusia,  pertanian dan kesehatan lingkungan.  Tujuan pengabdian ini untuk memperkenalkan  dan mensosialisasikan eco enzyme  kepada  siswa siswi  pondok pesantren Daarul Fikri  dalam memanfaatkan limbah disekitar pondok pesantren, selain itu untuk melatih siswa siswi pondok pesantren  membuat eco enzyme. Metode yang digunakan yaitu  pendidikan, pelatihan dan pendampingan. Pendidikan dalam bentuk penyuluhan tentang pentingnya eco enzyme. Pelatihan diberikan untuk   meningkatkan ketrampilan dalam hal membuat eco enzyme. Sedangkan pendampingan di khususkan bagi mereka yang sungguh sungguh mau meneruskan untuk wirausaha dengan jalan membantu dalam hal pemasaran. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan membandingkan peningkatan persentase  pengetahuan dan ketrampilan sebelum dan sesudah pelatihan membuat eco enzyme. Hasil pengabdian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil  kegiatan pelatihan di pondok Daarul fikri malang  dapat disimpulkan bahwa : Pelatihan pembuatan eco enzyme dapat meningkatkan pengetahuan siswa (152 %) dan  meningkatkan ketrampilan siswa (200 %).

Keyword: pelatihan, eco ensyzm, limbah buah, sayuran , pondok darul fikri

References

Arisandy, M.R. 2015. Pengaruh Keterampilan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala. e-Jurnal Katalogis, 3(8):150.

Astra, I.K.B., Wiajaya, M.A., Artanayasa, I.W. & Happy, I. K. 2021. Pengolahan Sampah Organik Berbasis Eco Enzyme Lingkungan Pemuda Di Kabupaten Buleleng. Proceeding Senadimas Undiksha 2021 1:2065–73.

Larasati, D., Astuti, A.P. & Maharani, E.T. 2020. Uji Organoleptik Produk Eco-Enzyme Dari Limbah Kulit Buah. Seminar Nasional Edusainstek 278–83.

Nurfajriah, Mariati, F.R., Waluyo, M.R. & Mahfud, H. 2021. Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme Sebagai Usaha Pengolahan Sampah Organik Pada Level Rumah Tangga. Ikra-Ith Abdimas 4(3):194–97.

Supriyani, Astuti, A.P. & Maharani, E.T.W. 2020. Pengaruh Variasi Gula Terhadap Produksi Ekoenzim Menggunakan Limbah Buah Dan Sayur. Seminar Nasional Edusainstek 470–79.

Yanti, R.N., Lestari, I. & Ikhsani, H. 2017. IbM Membuat Eco Enzym Dengan Memanfaatkan Limbah Organik Rumah Tangga Di Bank Sampah Berkah Abadi Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Timur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning 3(3):8–13.

Published

2022-04-29
Abstract viewed = 337 times