AKUNTANBILITAS DAN TRANSPARANSI KEUANGAN MASJID MELALUI PELATIHAN ADMINISTRASI KEUANGAN MASJID AL-MUTTAQIN KOTA BENGKULU

Authors

  • Supawanhar Supawanhar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Askani Askani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ovita Charolina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ditasman Ditasman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Rudi Hartono Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.3147

Abstract

Permaslahan yang dihadapi mitra dalam hal ini pengurus masjid Al-Mutaqin adalah kurangnya pemahaman tentang  pembukuan dan pelaporan keuangan masjid. Secara garis besar permasalahan yang dihadapi adalah belum adalanya administrasi keuangan, laporan keuangan masjid yang belum memadai dan belum adanya laporan  dana  Zakat, Infak dan Sadaqoh. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya ketidak percayaan masyarakat terhadap pengurus Masjid. Solusi yang diberikan oleh tim pengabdi adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dalam tata cara pembuatan dan pengisian dokumen pelaksanaan administrasi keuangan masjid, pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan masjid. Diberikan juga pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan masjid yang baik. Dari hasil pengabdian ini tim telah membuatkan beberapa output yang dapat digunakan oleh pengurus masjid berupa pamplet dan format dokumen pencatatan kas masuk dan keluar dengan menggunakan program excel ysng ringkas dan aplikatif. workshop dan pelatihan tata administrasi masjid. laporan keuangan  telah disusuan dengan menggunakan komputer software/program excell.  Dari hasil pengdian ini telah ada format model laporan keuangan zakat, infak dan shodaqoh yang sederhana tetapi memenuhi syarat akuntabilitas yang baik yang telah digunakan oleh pengurus masjid Al-Mutaqin. Disamping itu juga telah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman para pengursu masjid dalam hal pembuatan laporan keuanagan dana masjid.

Keyword: Akuntanbilitas, Transparansi, Pengelolaan Keuangan

References

Paidi Paidi, Yusmaniarti,Y., D. W. (2017). Membuat Laporan Keuangan Menggunakan MYOB Versi 19.6 (S. Empat (ed.); Edisi 1). Salemba Empat Jakarta.

Setiorini, H., Yusmaniarti, Y., & Marini, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Sekolah Langit Biru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(3), 393–398. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i3.102.

Supawanhar, Marsidi, Romdana, Novi Rahayu, R. H. (2021). Peningkatan Karakter Anak Melalui Pendidikan Madrasyah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Masjid Al-Muttaqin Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Indonesia Raya, 2(2), 1–5.

Yusmaniarti, Marini, U. K. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasakan Sak Syariah Sebagai Persiapan Rat Pada Koperasi Syariah Cahaya Tani. 5(2), 215–225.

Yusmaniarti, Yusmaniarti, B. A. (2014). Pengaruh Penyajian Informasi Akuntansi pemerintahan daerah terhadap transparansi dan akuntabilitas publik ( studi pada pemerintahan kota Bengkulu). PPE Press Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammdiyah Surakarta, 563–576.

Published

2022-05-20
Abstract viewed = 255 times