Persiapan Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Boarding School, di Desa Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu, Bengkulu

Authors

  • Elyusra Elyusra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i1.290

Abstract

Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah SMA Muhammadiyah 1 Boarding School  yang terletak di Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu, di Provinsi Bengkulu. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum mendapatkan informasi yang memadai tentang Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai program Kemendikbud yang ditetapkan pada tahun 2015 baik secara konseptual dan prosedural. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi mitra, melalui kegitan PKM ini solusi yang akan dilaksanakan adalah melaksanakan kegiatan sosialisasi, pembekalan materi, dan pelatihan.  Untuk mewujudkan target luaran di atas, metode yang akan diterapkan mengadopsi pola pelaksanaan penelitian perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan  dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil dari kegiatan PKM yang sudah dilaksakana adalah : 1) sudah tersosialisasinya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kepada warga sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Boarding School  yang terletak di Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. 2) Siswa dan Pembina Asrama sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang genre karya fiksi hasil kesusastraan Indonesia, dan 3) siswa sudah memiliki keterampilan menulis laporan kegiatan prabaca dan laporan kegiatan membaca harian.

Kata kunci: gerakan literasi sekolah, karya fiksi, kegiatan prabaca, laporan kegiatan membaca, penumbuhan budi pekerti

References

Aliha Channel. 2016. Kampanye Duta Literasi SMP Negeri 1 Kota Bengkulu https://www.youtube.com/watch?v=kkey4fcjs2g. (diunduh 5 Juli 2017)

Aliha Channel. 2016. Budayakan Membaca, Pelajar SMAN 1 BS Rutin Membaca Serentak 15 Menit Sebelum Belajar. http://beritadelapan.com/budayakan-membaca-pelajar-sman-1-bs-rutin-membaca-serentak-15-menit-belajar/.(diunduh 5 Juli 2017).

Alwasilah A. Chaidar. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Antono, Billy. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud. tt. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah, Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: SATGAS Gerakan Literasi Sekolah.

Emzir dan Rohman. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kemendikbud. 2016. Pedoman Mata Pelajaran SMA, MA, SMK, MAK, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2017a. Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2017b. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, Burhan 2015. Teori Pengkajian Fiksi (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sari, Esti Swatika, dkk. 2013. Model Multi Literasi dalam Perkuliahan Bahasa dan Sastra Indonesia. LITERA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 12, No 2, Oktober 2013, hlm 246-255.

SMAN 5 Kota Bengkulu. 2016. Laporan Pelaksanaan Program Penumbuhan Budaya Literasi di SMA Tahun 2016. Provinsi Bengkulu.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Ramadansyah. 2012. Paham dan Terampil Berbahasa dan Bersastra Indonesia.Bandung: Dia Aksara Press.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra, Perkenalan Awal dengan Ilmu sastra. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Suryanto, Edy, dkk. 2013. Model Pendidikan Model Pekerti Berbasis Cerita Anak untuk Penanaman Nilai Etis Spiritual. LITERA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 12, No 2, Oktober 2013, hlm 235-245.

Waluyo, Herman J.. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wellek & Warren. 1989. Teori Kesusastraan, terjemahan Melani Budianta. Jakarta: PT Gramedia.

Wiedarti, Pangesti, dkk.. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud.

Wiyatmi. 2013. Representasi Sejarah Indonesia dalam Nove-novel Karya Ayu Utami. LITERA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 12, No 2, Oktober 2013, hlm 209-223.

Downloads

Published

2019-05-05
Abstract viewed = 370 times