Pelatihan Dan Pendampingan Akuntansi Berbasis Komputer Pada Umkm Kabupaten Pringsewu, Lampung

Authors

  • Arum Arupi Kusnindar STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i1.289

Abstract

Akuntansi merupakan bagian dari pengeloaan keuangan perusahaan yang sangat penting. Apapun ukuran perusahaan membutuhkan akuntansi dalam mengelola keuangan dan menjadi alat bagi perusahaan untuk mengendalikan aktivitas perusahaan agar berjalan dengan baik dan mendapatkan laba sepertiyang di harapkan. Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) merupakan Usaha mikro dalam struktur perekonomian Indonesia mempunyai peran yang sangat strategis. Dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi global, UMKM menjadi penyelamat bagi tetap tumbuhnya perekonomian Indonesia. Data Kemenkop UMKM RI menunjukan pada 2017 awal terdapat 58 juta kegiatan usaha secara mandiri (self employed) dan 99,9% unit bisnis di Indonesia merupakan UKM yang mampu menyerap 97% tenaga kerja Indonesia. Di Kabupaten Pringsewu terdapat 3.997 UMKM yang tersebar pada 9 Kecamatan. Jumlah UMKM di kecamatan pringsewu paling banyak disbanding kecamatan lain karena Pringsewu merupakan ibukota Kabupaten.  Banyaknya pengusaha UMKM di Pringsewu tidak di imbangi kemampuan pengusaha dalam mengelola keuangan melalui Akuntansi. Keenganan mereka menerapkan akunatnsi dengan benar disertai dengan beberapa alasan seperti tidak pahak akuntansi, tidak mempunyai computer, tidak ada waktu serta merasa bahwa akuntansi tidak bermanfaat. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman proses akuntansi untuk UMKM termasuk di dalamnya memberikan pelatihan menggunakan computer dalam mengolah data keuangan sampai dengan menjadi laporan keuangan.

Kata Kunci: Akuntansi, UMKM, Laporan Keuangan, Komputer

References

Abou-Shouk, M & Eraqi, M. 2015. Perceived barriers to e-commerce adoption in SMEs in developing countries : the case of travel agents in Egypt. International Journal of Services andOperations Management, 21(3), 332–353.

Arief, Mohammad, et al. 2013. "The effect of entrepreneurial orientation on the firm performance through strategic flexibility: A study on the SMEs cluster in Malang." Journal of Management Research 5.3 : 44-62.

Barry, A., Rodriquez, E., and Sandee, H. 2014. ‘Firm and Group Dynamics in the Small and Medium Enterprise Sektor in Indonesia’, Small Business Economics Journal, v.8, pp. 141 – 61

Bappenas. 2016. Penguatan UMKM untuk pertumbuhan ekonomi yang Berkualitas. Warta KUMKM V.5 No. 1- 2016

Kusnindar, Arum. 2017. “Profiling UMKM di Kabupaten Prinngsewu Sebagai Basis Menciptakan Program Pemberdayaan yang tepat Sasaranâ€. Journal Multi Science STIE Muhammadiyah pringsewi, Vol 1, 17 - 28

Downloads

Published

2019-05-05
Abstract viewed = 293 times