Pelatihan Learning Management System Berbasis E-Learning Bagi Guru Yang Tergabung Dalam MGMP IPS SMP Kabupaten Ogan Ilir Sumatra Selatan

Authors

  • Ali Ibrahim Jurusan Sistem Informasi dan Teknik informatika Fasilkom Unsri
  • Samsuryasi Samsuryasi Jurusan Teknik Informatika Fasilkom Unsri.
  • Ahmad Rifai Jurusan Sistem Informasi Fasilkom Unsri
  • Yadi Utama Jurusan Sistem Informasi Fasilkom Unsri

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i1.287

Abstract

Kegiatan Pelatihan Learning Management System Berbasis E-Learning  Bagi Guru Yang Tergabung Dalam MGMP IPS SMP  Kabupaten Ogan Ilir Sumatra Selatan merupakan kegiatan atas permintaan dari MGMP melalui ketua MGMP untuk diadakan pelatihan. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi ilmu kepada guru-guru dalam hal membuat media ajar berbasis animasi dan di upload ke e-learning. Selain itu tujuan pembuatan media pembelajaran dengan berbasis animasi adalah supaya dapat menarik dan meningkatkan minat siswa dalam belajar dan memahami materi. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih ±20 peserta yang tersebar di SMP yang tergabung dalam SMP MGMP IPS Ogan Ilir. Alhamdulillah pelatihan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan, hal ini dapat dilihat daru antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan. Dari hasil pengamatan dan hasil diskusi secara langsung pada saat pelatihan, terlihat bahwa peserta sangat senang mengikuti pelatihan, karena sesuai dengan pendapat beberapa peserta bahwa penggunaan metode ini merupakan cara yang sangat menarik dan mereka yakin akan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Selama kegiatan pelatihan berlangsung, peserta dengan mudah dan dapat mengikuti pelatihan karena didukung dengan modul yang jelas dan detail, sehingga peserta dapat dengan mudah mencoba dan membuat bahan ajar dengan program animasi movie maker. Dari hasil pengamatan tim secara langsung sekitar 80 % peserta dinyatakan berhasil dengan baik, karena peserta sudah dapat mencoba sendiri pada saat di beri latihan. Sedangkan 20 % nya peserta masih melihat modul untuk membuat bahan ajar tersebut. Dari hasil diskusi dengan peserta, beberapa peserta menyampaikan bahwa setelah selesai dari pelatihan ini, mereka akan menyebarkan cara ini ke guru lain di masing-masing sekolah. Bahkan mereka berinisiatif untuk mengadakan pelatihan di sekolah mereka masing-masing.

Kata Kunci: ICT, Moodel, Elearning, IPS

References

Djamarah, S.B. 1995. Prestasi Belajar dan Kompetensi Pengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Gardner, Susannah., Birley, Shane., 2008, “Blogging For Dummies 2nd Editionâ€, John Wiley & Sons, New York.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang

Pujadi, T. 2008. Blog Dan Rss Sebagai Sarana Kolaborasi Untuk Meningkatkan Pemerataan Akses Belajar. Makalah disampaikan pada International Conference ICT Education UNY Yogyakarta

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sadiman, Arif S, et. Al. 2002. Media Pemdidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Surya, M. (2006). Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kelas. Makalah dalam Seminar Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan Jarak Jauh dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran. Diselenggarakan oleh Pustekkom Depdiknas, tanggal 12 Desember 2006 di Jakarta.

Downloads

Published

2019-05-05
Abstract viewed = 256 times