PELATIHAN GURU PROFESIONAL “MERDEKA BELAJAR” COLLABORATIVE LEARNING BAGI GURU DI KOTA PAGARALAM

Authors

  • Chika Rahayu https://orcid.org/0000-0001-9050-4736
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Rini Herlina Universitas Sriwijaya
  • Elika Kurnadi Universitas Sriwijaya
  • Lisnani Lisnani Universitas Sriwijaya
  • Tria Gustiningsih Universitas Sriwijaya
  • Arika Sari Universitas Sriwijaya
  • Delia Septi Miranti Universitas Sriwijaya
  • Malalina Malalina Universitas Sriwijaya
  • Dewi Rawani Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.2777

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menceritakan tentang pelatihan guru professional merdeka belajar dengan menggunakan colaboratif learning pada guru di Kota Pagaralam. Output yang tercapai dalam pelatihan ini guru dapat membuat rencana pembelajaran yang merdeka melalui pembelajaran yang kolaboratif. Pelatihan ini mencangkup 30 % teori dan 70% praktek. Pelatihan ini di laksanakan secara daring menggunakan zoom meeting, setelah pelatihan dilakukan post tes. Diskusi pendampingan guru dilakukan di whatsapp grup dan google classroom. Kegiatan pelatihanini berdampak positif untuk guru di Pagaralam terhadap penyusunan rencana pembelajaran yang merdeka, dari pengumpulan tugas per individu menghasilkan 90% guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang merdeka, hal ini didapatkan dari evaluasi pengumpulan tugas yang dikumpulkan padda google classroom.

Keyword : Pengabdian, Merdeka Belajar, Colaborative learning, Guru Profesional

References

Gunawan, I. (2017). Indonesian Curriculum 2013: Instructional Management, Obstacles Faced by Teachers in Implementation and the Way Forward. 128(Icet), 56–63. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.9

Prastowo, A. (2014). Paradigma Baru Madrasah dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.95-113

Putri, R. I. I., & Dolk, Maarten Zulkardi, Z. (2015). Professional Development of Pmri Teachers for. IndoMS-JME : Journal on Mathematics Education, 6(1), 11–19.https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/1900/795

Rahayu, C., Putri, R. I. I., & Zulkardi, M. (2017). Multiplication of Fraction With Natural Number by Using Hurdles. 100, 43–47. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.10

Rouf, A. dan R. L. (2018). Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula, 3(2), 903–926.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teacher (Doctoral disertation, University of Twente, Enschede). 1–218.

Published

2022-04-26
Abstract viewed = 175 times