PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM PENGUASAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI KUTAI TIMUR

Authors

  • Anjani Putri Pandiangan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur
  • Aswadi Aswadi Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.2768

Abstract

Pembelajaran tatap muka terbatas guru di harapkan dapat menguasai media pembelajaran berbasis teknologi , sangatlah penting di miliki oleh guru saat ini dalam meningkatkan kualitas serta mutu pembelajaran. Asosiasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI Sangatta Kutai Timur dalam memperkuat dan meningkatkan kompetensinya mengadakan pelatihan/workshop yang di harapkan dengan pengetahuan media pembelajaran yang interaktif berasis teknologi, guru dapat meningkatkan kinerjanya dalam berinovasi memberikan materi pembelajaran kepada siswa yang lebih menarik sehingga siswa lebih semangat dalam belajar di era teknologi saat ini. Metode yang diberikan yaitu demontasrasi yang langsung di praktikkan oleh pemateri maupun guru agar dapat langsung menerapkan dan mengaplikasikan ke dalam muatan mata pelajaran PAI. Dari hasil pelatihan/workshop tersebut dapat disimpulkan guru dapat menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi penggunakaan aplikasi canva, quizizz, kahoot dan pengelolaan google dalam mengelola administrasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI di sekolah.

Kata Kunci: Kompetensi Guru PAI, Media Pembelajaran, Teknologi Informasi

References

Anwar, Yaskinul, Kalimantan Timur, and Media Pembelajaran. 2021. “Pelatihan Google ’ s Geo Tools Sebagai Media Pembelajaran Geografi Bagi Guru Geografi Di Kota Balikpapan.” 4(3):292–95.

Astuti, Yuli, Novikasari Kusumarini, and Lilis Dwi Farida. 2020. “Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Menggunakan Fasilitas Berbagi Online.” 7(2):128–33.

Hamid, M. A., R. Ramadhani, M. Masrul, J. Juliana, M. Safitri, M. Munsarif, J. Jamaludin, J. Simarmata, and T. Limbong. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rahim, F. R., & , Dea Stevani Suherman, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4. .. 0. 3(November). 2019. “Analisis Kompetensi Guru Dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4 . 0.” 3(November):133–41.

Rofiyarti, Fitri, and Anita Yunita Sari. 2017. “Penggunaan Platform ‘Kahoot’ Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak.” PEDAGOGI 3:164–72.

Sa’diyah, Ilmatus, Adelia Savitri, Falih Wicaksono Salsa Febiola Gading Widjaya, and Al Danny Rian Wibisono. 2021. “Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru SD / MI Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Edugames Berbasis Teknologi : Quizizz Dan Baamboozle.” 11:198–204.

Salsabila, Unik Hanifa, Lailli Irna Sari, Khusna Haibati Lathif, Ayu Puji Lestari, and Asyharinur Ayuning. 2020. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19.” 17(2):188–98.

Supandi, Agus, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, Sigit Widiyarto, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bimbingan Konseling, Teknik Arsitektur, and Pendidikan Ekonomi. 2020. “Analisis Kompetensi Guru Pembelajaran Revolusi 4.0.” 1–6.

Wihartanti, Liana Vivin, Ramadhan Prasetya Wibawa, Rohana Intan Astuti, and Bayu Aji. 2019. “Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” 362–68.

Published

2022-08-15
Abstract viewed = 187 times