INTERVENSI BRAIN GYM MAMPU MENSTIMULASI PENINGKATAN SHORT MEMORY ANAK RETARDASI MENTAL
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.2449Abstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan retardasi mental (RM) mengalami kesulitan dalam hal mengingat terkhusus memori jangka pendek (Short Memory). Hal tersebut perlu mendapat perhatian khusus bagi guru dan tim kesehatan dalam memberikan pengetahuan dan intervensi masalah tersebut. Upaya yang dapat dilakukan dengan pelaksanaan intervensi Brain Gym atau senam otak yang dikhususkan untuk anak RM. Gerakan senam otak bertujuan untuk merangsang otak kanan dan otak kiri, dapat memberikan rasa ringan atau relaksasi pada bagian depan otak dan belakang otak. Dari hasil wawancara yang dilakukan tim PKMS didapatkan data : Saat ini sekolah belum pernah mendapatkan informasi terkait senam otak khusus anak RM, beberapa anak RM baru diajarkan belajar mandiri secara bertahap, akan tetapi setelah diulang dan ditanyakan hanya dalam beberapa hari saja sudah tidak mampu mengingat apa saja yang telah mereka kerjakan. Kegiatan ini bertujuan untuk menstimulasi peningkatan Short Memory anak RM dengan intervensi Brain Gym di SDLB NO.05 Kota Bengkulu. Adapun tahap kegiatan yang dilaksanakan 1) Anak RM, guru pendamping dan orangtua dijelaskan apa itu intervensi Brain Gym, 2) Demonstrasi gerakan Brain Gym yang diikuti Anak RM, guru pendamping dan orangtua. Hasil dari kegiatan PKMS ini adalah didapatkan 1) anak RM dapat mengikuti gerakan Brain gym, 2) terstimulasi short memory anak secara bertahap, 3) Sekolah melaksanakan kegiatan brain gym secara terjadwal dihari kamis. 4) Adanya peningkatan pengetahuan setelah dilakukan pelatihan. Dengan telah terjadwalnya pelaksanaan Brain gym ini disekolah, maka diharapkan anak RM memiliki peningkatan informasi dalam menerima, mengingat dan belajar. Simpulan terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilakukan pelatihan.
Keyword: Brain Gym, Retardasi Mental, Short Memory
References
Anggraini, S., Trifinaningsih, D., & Dewi, S. K. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Brain Gym pada Anak Usia Dini di TK Pembina Inti Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PkM, 1. https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/download/750/245
Badan Pusat Statistik. (2013). Statistik Indonesia 2013. In Katalog BPS (Issue 1). https://www.bps.go.id/publication/2013/05/01/c15e0fccfd3d035e6746a3b4/statistik-indonesia-2013.html
Baihaqi, M. I. F. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. PT. Refika Aditama.
Budiarti, M., Dewi, C., & Dayu, D. P. K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Vocational Penyandang Mental Retardation di’kampung Idiot’ Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo Melalui Budidaya Kroto. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 33. https://doi.org/10.24269/adi.v1i2.592
Heni, H., & Nurlika, U. (2021). Tingkat Konsentrasi Belajar Anak pada Siswa Kelas IV SD melalui Brain Gym (Senam Otak). Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 222–232. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.2820
Kamila, A., Harini, R., & Ponirah, P. (2022). Literature Review : Pengaruh Brain Gym terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Malahayati Nursing Journal, 4(3), 693–705. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um005v2i22018p175
Khasanah, N. A., Adiesti, F., Safitri, C. A., & Diana, S. (2022). Stimulasi Brain Gym terhadap Perkembangan pada Anak Prasekolah. Jurnal ABDIMAS-HIP, 3(1), 5–10. https://doi.org/https://doi.org/10.37402/abdimaship.vol3.iss1.177
Muhith, A. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa: Teori dan Aplikasi. In Berita Ilmu Keperawatan. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/2377/kejang demam dan penatalaksanaannya.pdf?sequence
Ningrum, A. P., Huda, A., & Praherdiono, P. (2018). Brain Gym Video Model For Improving The Beginning Writing Abilities Of The Autistir Students. Journal of ICSAR, 2(2), 175–179. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um005v2i22018p175
Padila, P., Andari, F. N., & Andri, J. (2019). Hasil Skrining Perkembangan Anak Usia Toddler antara DDST dengan SDIDTK. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 244–256. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.809
Padila, P., Panzilion, P., Juli, A., Nurhayati, N., & Harsismanto, J. (2021). Pengalaman Ibu Usia Remaja Melahirkan Anak di Masa Pandemi COVID-19. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v3i1.2075
Panzilion, P., Andri, J., & Padila, P. (2021). Therapy Brain Gym terhadap Short Memory Anak Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 600–606. https://doi.org/10.31539/jks.v4i2.2120
Panzilion, P., Padila, P., Setyawati, A. D., Harsismanto, J., & Sartika, A. (2020). Stimulation of Preschool Motor Development Through Brain Gym and Puzzle. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.31539/josing.v1i1.1166
Panzilion, P., Padila, P., Tria, G., Amin, M., & Andri, J. (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah antara Intervensi Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 510–519. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1120