BUDIDAYA TANAMAN MENTIMUN (CUCUMIS SATIVUS.L) PADA MEDIA TANAM ARANG SEKAM BAKAR

Authors

  • Farida ArIyani Universitas HAZAIRIN Kota Bengkulu
  • Sri Rustianti
  • Agus Purwanto

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.1868

Abstract

Kelompok Tani Potensi Usaha merupakan kelompok tani yang terdapat di Kelurahan Topos, Kecamatan Topos, Kabupaten Lebong yang semua anggota kelompok tani mempunyai pencaharian sebagai petani, yang pada umumnya bercocok tanam padi dan sayuran serta kopi. Bercocok tanam merupakan sumber pendapatan mereka. Berbagai usaha yang telah dilakukan oleh masyarakat tani untuk meningkatkan produksi pertanian mereka, antara lain menggunakan pupuk an-organik. Petani tidak menyadari bahwa penggunaan pupuk an-organik dapat menyebabkan kerusakan tanah dan pencemaran, meningkatkan biaya produksi. Mengingat hal tersebut maka perlu mengalihkan kebiasaan mereka yang menggunakan pupuk an-organik ke pupuk organic dimana bahannya tersedia disekitar mereka, sehingga biaya produksi pertanian juga dapat ditekan. Kebiasaan ini dapat diubah dengan cara peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan mereka melalui penyuluhan / pelatihan, dengan metode, yaitu : 1) pendidikan / penyuluhan tentang pupuk organic dan pupuk an-organik serta tekhnik pembuatan arang sekam bakar dan cara budidaya mentimun dengan menggunakan arang sekam bakar; 2) Pelatihan cara pembuatan arang sekam bakar, dimana bahan baku berupa sekam padi yang banyak dan mudah didapatkan di Kelurahan Topos, selain itu pelatihan budidaya mentimun dengan menggunakan arang sekam bakar. Melalui penyuluhan dan pelatihan dalam rangka pengabdian masyarakat ini telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta wawasan masyarakat tentang arang sekam bakar dan budidaya mentimun, pupuk organic dan pupuk an-organik, meminimalisir biaya produksi serta pencemaran akibat penggunaan pupuk an-organik.

Keyword:  Arang Sekam Bakar, Mentimun, Pupuk Organik, Pupuk an-Organik

References

Andrie, K.L., M. Napitupulum dan N. Jannah. Respon Tanaman Mentimun (cucunis sativus.L) terhadap Jenis POC dan Konsentrasi yang Berbeda. Jurnal AGRIFOR. 24 (1) : 15-26.

Badan Pusat Statistik, 2017. Tanaman Hortikultura: Tabel Hasil Produksi Tanaman Ketimun Indonesia. https://www.bps.go.id/site/result tab diakses pada tanggal ; 5 Juli 2019 pukul. 20.40.

Gustia, H. 2013 : Pengaruh Penambahan Sekam Bakar pada Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica Juunceae L) E-Journal WIdya Kesehatan dan Lingkungan. 13 (1).

Kartasapoetra, A dan Sutedjo, M. 2010. Teknologi Konservasi Tanah dan Air. Jakarta. Rineka Cipta.

Naimnule, A.M, 2016, Pengaruh Taharan Arang Sekam dan Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Hijau (Vigna Radiata, L.) Jurnal Pertanian Konservasi Lahan Kering, Savana Dendema. 1 (4): 118-120.

Wijoyo, M.P. 2012. Budidaya Mentimun yang Lebih Menguntungkan. Penerbit Pustaka Agro Indonesia. Jakarta.

Wuryan. 2008. Pengaruh Media Sekam Padi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Hias Pot (Spothiphyllum). Buletin Penelitian Tanaman Hias. 3 (2) : 81-89.

Published

2022-05-20
Abstract viewed = 1427 times