PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEMPUNG TEMATIK DI KELURAHAN PADANG NANGKA KECAMATAN SINGARAN PATI KOTA BENGKLU

Authors

  • Romdana Romdana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Faridah Faridah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Marsidi Marsidi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ovita Charolina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i3.1037

Abstract

Saat ini kemiskinan merupakan salah satu persoalan pemerintah dimana saja.seperti halnya Pemerintah kota Bengkulu. Berbagai macam kebijakan yang dilakukan guna untuk menekan angka kemiskinan salah satunya adalah dengan program pembangunan Kampung Tematik. Pengembangan masyarakat  di dalam program Kampung Tematik di dasarkan pada asumsi nilai dan prinsip-prinsip agar dalam pelaksanaannya dapat memberdayakan masyarakat berdasarkan inisiatif. Kemampuan dan partisipasi masyarakat di dalam mewujudkan dan mensukseskan program kampung Tematik. Program Kampung tematik ini sekaligus Program pengabdian   LPPM STIA Bengkulu yang bertujuan selain mengenalkan program pemerintah kepada masyarakat juga mendorong pelibatan partisipasi masyarakat suatu daerah tersebut.

Tujuan Program kampung Tematik yang diluncurkan oleh pemerintah kota Bengkulu adalah salah satu program yang memadukan potensi/ciri khas setiap wilayah dengan masalah penganggulangan kemiskinan yang ada. Metode dalam pengabdian ini adalah Obsevasi, Sosialisasi dan pelaksanaan. Manfaat yang dirasakan setelah berdirinya usaha kampung tematik wirausaha ini perilaku sosialnya sedikit berubah masyarakatnya semakin peka terhadap kemajuan, berusaha untuk mengikuti setiap pelatihan yang di sampaikan. Kesimpulan dari hasil pengabdian ini Program Kampung tematik yang berjalan cukup baik namun perlu adanya program tematik ditempat lain supaya pemerataan sebagai langkah program pengentasan kemiskinan.

References

Zubaedi, (2013), Pengembangan Masyarakat (Wacana & Praktik, Prenada Media Group, Jakarta.

Edi, Suharto.2005.Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan

Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.

Kinanti,Anissa 2019 “Pemberdayaan Mayarakat dalam Kampung Tematikâ€

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/viewFile/23553/21451 diakses 3 agustus 2020, pukul 09.45

http://bengkuluekspress.com/ 15,Januari 2020

https://bengkuluekspress.com/angka-kemiskinan-di-bengkulu-turun-signifikan/ diakses ,4 Agustus 2020 ,pukul 11.59

Maisaroh, S.& Sukhemi. (2011). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budaya Kewirausahaan untuk Mengurangi Pengangguran dan Kemiskinan. Jejak, 4 (1). 23-33.

Published

2020-12-28
Abstract viewed = 200 times