TRANSFORMASI MEDIA KOMUNIKASI BISNIS MELALUI INSTAGRAM (Studi Pada Akun Instagram @Bengkuluculinery)

Authors

  • Hafri Yuliani Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v2i1.3042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi media komunikasi bisnis melalui media baru instagram studi pada akun instagram @bengkuluculinery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaitf.  Dengan menggunakan teori Marketing Mix Philip Kothler yaitu 4 P (Produk, Place, Prace dan Promotion) maka hasil penelitian sebagai berikut :1. Produk yang di publikasikan tidak hanya foto, tetapi juga video dan instastory. Produk yang di publikasikan selalu menggunakan talent dalam mempragakan maupun mencoba produk yang akan di publikasikan. Pemilihan foto dan video akan di publikasikan setelah dinyatakan layak untuk publikasi. 2.Place, transformasi komunikasi bisnis saat ini, telah mengubah media konvensional menjadi media baru seperti penggunaan Instagram sebagai media publikasi. selain low badget juga dapat menjangkau semua khalayak baik di kota maupun di pinggiran. 3. Price, harga yang stabil ditambah dengan harga lebih low badget membuat UMKM dan Perusahan menggunakan akun Instagram sebagai media patner dalam mempublikasikan produk. 4. Promotion, Promosi yang dilakukan oleh akun @bengkuluculinery dalam menarik khalayak untuk menggunakan jasanya dalam memasarkan produk dengan cara: 1. Memasang iklan di laman Instagram @bengkuluculinery, 2. Melakukan promo seperti give away, 3. Melakukan Kerjasama dengan UMKM dan perusahaan. 4. Setiap hari selalu mengupload produk baik berupa video, foto maupun instastory.

Kata Kunci: Transformasi media, Komunikasi bisnis, produk, prace ,place, promotion

References

Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(2), 126–131. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4575272

Ferica, S., & Parlindungan, D. R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop @ diet _ inget _ irwan. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(2), 53–58. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/149

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Pandjaitan, D. R. H. (2016). Komunikasi Bisnis. II(1), 53–64. http://repository.lppm.unila.ac.id/2300/

Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. JURNAL SeMaRaK, 2(1). https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2664

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 251 times