POLA KOMUNIKASI VERBAL DALAM HARMONIASI KOMUNIKASI SUKU JAWA DAN SUKU SERAWAI DI KABUPATEN SELUMA

Authors

  • Mukhlizar Mukhlizar Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v2i1.3039

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola komunikasi antarbudaya yang dikembangkan oleh masyarakat etnis Jawa dan etnis Serawai di desa Penago I Kecamatan Ilir Talo kabupaten Seluma melalui kemampuan berbahasa verbal dalam pergaulan sehari-hari. Menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, ada 22 informan 13 dari suku Jawa dan 9 suku Serawai dipilih dengan teknik purposive sampling, analisis data menggunakan pola Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa pola komunikasi suku Jawa dengan suku Serawai di desa Penago I kecamatan Ilir Talo bersifat timbal balik melalui rasa kekeluargaan yang tinggi, saling menghormati, saling pengertian dan toleransi, sehingga hubungan antara suku Jawa dan suku Serawai terjalin harmonis. Wujud harmonisasi komunikasi antarbudaya terlihat saling pengertian dan saling menghormati dan toleransi yang tinggi, faktanya dalam bergaul ketika suku Jawa berkomunikasi dengan suku Serawai sebisa mungkin menggunakan bahasa Serawai begitu juga sebaliknya, ketika berkomunikasi dengan suku Jawa suku Serawai sebisa mungkin menggunakan bahasa Jawa. Bagi kedua suku yang belum bisa menggunakan bahasa lawan bicaranya maka tindakan yang dilakukan ketika proses komunikas menggunakan bahasa nasional.

 

Kata Kunci: harmoniasi, komunikasi antarbudaya, pola komunikasi, verbal

References

Bungin, Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasibuan, E. J., & Muda, I. (2017). Komunikasi Antar Budaya pada Etnis Gayo dengan Etnis Jawa. Jurnal Simbolika, 3(2), 10-113.

Haryadi, H., Silvana, H. (2013). Komunikasi Antarbudaya Dalam Masyarakat Multikultur (Studi Tentang Adaptasi Masyarakat Migran Sunda di Desa Imigrasi Permu Kecamatan Kepahiang Provinsi Bengkulu). Jurnal Kajian Komunikasi, 1(1), 95-108.

Liliweri, A. (2002). Dasar-dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liliweri, A. (2005). Gatra-gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Maryetti, dkk. (1998). Integrasi Nasional Suatu Pendekatan Budaya di Daerah Sumatera Barat. Padang: PD. Intissar.

Mulyana, D., & Rahmad, J. (2005). Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, T. (2006). Efektivitas Komunikasi Antarbudaya dalam Akulturasi Budaya Transmigran (Studi Kasus pada Transmigran Suku Jawa dan Suku Serawai di desa Sri Koncoro kecamatan Pondok Kelapa kabupaten Bengkulu Utara. Bengkulu: Universitas Bengkulu, Skripsi.

Pawito. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: LKiS.

Purwasito, A. (2003). Komunikasi Multicultural. Surakarta: Muhamadiyah University Press.

Sendjaja, S. D. (1994). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 301 times