CERITA RAKYAT PUTRI GADING CEMPAKA MEMBENTUK LITERASI MORAL

Authors

  • Andestend - Andestend Universitas IBN Khaldun Bogor

Abstract

ABSTRAK

Indonesia sekarang ini krisis moral, terbukti dengan berbagai survei yang dilakukan oleh redaksi Voa Indonesia tahun 2012 dan Badan Pusat Statistik tahun 2006, serta bukti emperis di lapangan. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan bagaimana literasi moral yang terdapat di dalam cerita rakyat. Teori yang dirujuk adalah teori Nancy Tuana. Penelitian ini kualitatif deskriptif menggunakan kajian literasi moral. Tempat dan waktu penelitian, dalam penelitian ini menggunakan analisis konten maka tidak terikat waktu dan tempat.  Data dan sumber data penelitian adalah teks cerita Legenda Putri Gading Cempaka dalam Cerita Rakyat Bengkulu. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik catat dan dokumentasi. Teknik analisis data (1) membaca secara kesleuruhan teks cerita rakyat Putri Gading Cempaka, (2) mengkode teks sesuai dengan kebutuhan analisis, (3) mengklasifikasi berdasarkan pengembangan literasi moral Nancy Tuana, (4) menganalisis sesuai dengan rumusan masalah, (5) kesimpulan. Hasil penelitian, menunujukan terdapat kepekaan etika, penalaran etis, dan imajinasi moral di dalam cerita rakyat Putri Gading Cempaka, maka layak Cerita Putri Gading Cempaka menjadi bahan ajar untuk menumbuhkan literasi moral.

Kata kunci : literasi moral, pendidikan, cerita rakyat

Author Biography

Andestend - Andestend, Universitas IBN Khaldun Bogor

Dosen

References

DAFTAR PUSTAKA

Degeng, I. N. S. (2017). GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA. 1060–1067.

Dewi, L. N. K. (2018). TRI PUSAT PENDIDIKAN DAN LITERASI SEBAGAI ELEMEN STRATEGIS PENGUATAN KARAKTER DAN PENCERDASAN BANGSA. MAHA WIDYA BHUWANA VOLUME 1, No.2, SEPTEMBER 2018 ISSN : 2621-1025, 1(2).

GEGANA JAYAPADA, FAISOL, B. M. K. (2017). KEARIFAN LOKAL DALAM CERITA RAKYAT SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER MEMBENTUK LITERASI MORAL. BIBLIOTIKA: JURNAL KAJIAN PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI.

Idris, A. (2018). Novel Pukat Karya Tere Liye Sebagai Materi dan Pengembang Moral: Kajian Literasi Moral. Pena Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra. Vol. 7, No.2, Agustus 2018. P-ISSN: 2089-3973, EISSN:2615-7705, 7(2), 82–93.

Jenlink, P. M. (2001). educational leadership and moral literacy. In مجلة اسيوط للدراسات البيئة.

Malilang, C. S. (2013). Penanaman Nilai dan Moral pada Anak sebagai Modal Sociopreneur Melalui Mendongeng. Jurnal Enterpreneur Dan Enterpreneurship, 13–22. Retrieved from https://journal.uc.ac.id/index.php/JEE/article/view/150

Oktavianti., I., Zuliana., E., & Ratnasari., Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, 35–42. https://doi.org/10.1016/j.jff.2008.09.012

Olivia Maulani ChoerunnisA, Y. A. (2018). MOTIF CERITA PADA SERI CERITA RAKYAT KARYA MURTI BUNANTA SERTA KEMUNGKINAN PENGARUHNYA PADA PERKEMBANGAN IMAJINASI DAN INTELEKTUAL ANAK. Riksa Bahasa XII. Retrieved from http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Permatasari, A. (2015). MEMBANGUN KUALITAS BANGSA DENGAN BUDAYA LITERASI. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, 146–156.

Sagala, H. S. (2018). Etika dan Moralitas Dalam Mengembangkan SDM Berbasis Sains dan Teknologi. Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang 05 Mei 2018, 1–6.

Sumaryanti, L. (2018). MEMBUDAYAKAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE MENDONGENG. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, Vol.03, No.01, Juli-Desember 2018 117. p-ISSN: 2654-6329 e-ISSN: 2548-9992 Lilis, 03(1), 117–125.

Wachidah, L. ., Suwignyo, H., & Widiati, N. (2017). Potensi Karakter Tokoh dalam Cerita Rakyat sebagai Bahan Bacaan Literasi Moral. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 894–901. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/ jptp/EISSN:2502-471X

Downloads

Published

2020-06-30
Abstract viewed = 175 times