PERGESERAN BAHASA LEMBAK DI KALANGAN REMAJA SUKU LEMBAK KELURAHAN PAGARDEWA KOTA BENGKULU

Authors

  • Jelita - Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • St. Asiyah
  • Yanti Paulina

Abstract

ABSTRAK

Kata Kunci :  Pergesesran, Bahasa Lembak

Masa remaja adalah masa identitas diri. Pencarian identitas ini sering remaja lakukan pada saat berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Pencarian identitas diri yang dilakukan remaja pada saat berkomunikasi sering mengalami peralihan bahasa. Seperti halnya bagi remaja suku lembak Pagardewa kota Bengkulu dalam berkomunikasi.  Tujuan dari penilitian ini adalah (1) mendiskripsikan pergeseran bahasa Lembak dikalangan remaja suku Lembak Pagardewa kota Bengkulu. (2) Mendiskripsikan sebab sebab terjadinya pergeseran bahasa Lembak di kalangan remaja Suku Lembak Pagardewa Kota Bengkulu.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Informan  dalam penelitian ini adalah remaja yang berasal dari Suku Lembak Pagardewa Kota Bengkulu. Teknik pengumpulamn data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan  adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data mencakup perpanjang pengamatan, ketekunan, triagulasi. Hasi penelitian ini menunjukan Sekolah. Simpulan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1). Remaja Suku Lembak Pagardewa kota Bengkulu malu untuk menggunakan bahasa Lembak dalam berkomunikasi sehari-hari. 2).  Remaja suku Lembak Pagardewa Bengkulu berkomunikasi dengan orang lain menggunakan  bahasa Melayu Bengkulu dan bahasa Indonesia, karena bahasa sini lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Penyebab pergeseran bahasa Lembak dikalangan remaja suku Lembak Bengkulu adalah 1). sosialisasi dalam keluarga tidak emnggunakan bahasa Lembak. 2). Interaksi dengan teman dilingkungan sekitar yang beragam. 3). Sekolah yang menggunakan bahasa nasional.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwasilah, A. Chaedar. 1993. Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Aslinda dkk.2007. Pengantar Sosiolinguistik. Jakarta: Refika Aditama.

Chaer, Abdul dan Agustina.2004.Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 1994.Linguistik Umum. Jakarta:Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Lingustik Edisi Keempa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun.2011. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajagrfindo Persada

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja rosdakarya.

Pateda, Mansoer. 1992. Sosiolingustik. Bandung: Angkasa.

Retnosari, Hesti. 2013. Pergeseran Bahasa Jawa Dialek Banyumas Di kalangan Remaja Dalam Berkomunikasi (Skripsi Tidak Diterbitkan). Fakultas Ilmu Sosial.Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta, cv.

Suhardi. 1996. Sikap Bahasa. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Sumarsono. 2013. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Lembaga Studi Agama, Budaya dan Perdamaian.

Sunarto, dan Agung Hartono. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, Vera. 2011. Analisis Proses, Fungsi, dan Makna Berzikir dalam Acara Pernikahan Suku Lembak Kecamatan Selebar Kota Bengkulu(Skripsi Tidak Diterbitkan). FKIP, Pend. Bahasa, dan Sastra Indonesia. Bengkulu:Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Suyuthi, Hasmi. 2014. Pemertahanan Bahasa Melayu Bengkulu(Disertasi Tidak Diterbitkan) Program Pascasarjana. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Trisnawati. 2013. Penguasaan Afiksasi dan Sintaksis Anak Usia Enam Tahun Suku Lembak(Skripsi). FKIP, Pendidikan Bahasa, dan Sastra Indonesia. Bengkulu:Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Yusuf, Syamsul. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung: Remaja rosdakarya

Downloads

Published

2020-06-30
Abstract viewed = 403 times