CAPAIAN PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA FIKSI YANG BERORIENTASI PADA LAPANGAN KERJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Elyusra Elyusra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rio Saputra

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v7i2.562

Abstract

ABSTRAK

 

Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Capaian Pembelajaran mata kuliah  Apresiasi Prosa Fiksi yang berorientasi pada lapangan kerja  di era revolusi industri 4.0,  berupa hasil identifikasi Capaian Pembelajaran Lulusan yang dibebankan pada mata kuliah, rumusan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan sub-CPMK pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PS PBSI) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Metode penelitian adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data adalah dokumen kurikulum Progran Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia PS PBSI, bahan ajar apresiasi prosa fiksi yang dikomersialkan, artikel-artikel dalam jurnal ilmiah, serta teks-teks gagasan atau pemikiran tentang lapangan kerja tamatan PS PBSI. Data diperoleh dengan studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa CPL yang dibebankan pada mata kuliah Apresiasi Prosa Fiksi berjumlah enam CPL, terdiri atas pengetahuan, sikap, keterampilan umum, dan keterampilan khusus, dispesifikasikan menjadi enam CPMK dan sepuluh sub-CPMK. Sepuluh sub-CPMK yang dirumuskan mencakup berbagai kawasan dan tingkatan tujuan pendidikan;  mencakup berbagai kegiatan dan tingkatan apresiasi sastra,  bermuatan dengan kompetensi yang dibutuhkan di era revolusi 4.0, sehingga memungkinkan mahasiswa menjalankan profesi yang ada di era revolusi industri 4.0, terutama yang berbasis bahasa dan sastra.

References

DAFTAR PUSTAKA

Antariksa, Yodhia. 2019. Bagaimana Ria Ricis Meraih Income Rp 500 Juta/Bulan dari Iklan Youtube. Sumber: http://strategimanajemen.net/2019/06/10/bagaimana-ria-ricis-meraih-income-rp-500-juta-per-bulan-dari-iklan-youtube/ diunduh tanggal 10 Desember 2019.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar baru Algensindo: Bandung.

Atmazaki dan Hasanuddin. 1990. Pembacaan Karya Susastra sebagai Seni Pertunjukan. Angkasa Raya. Padang.

Baygin, M., Yetis, H., Karakose, M., & Akin, E. (2016). An Effect Analysis of Industry 4.0 to Higher Education. 15th International Conference on Information Technology Based Higher Education and Training (ITHET) (pp. 1-4). Istanbul: IEEE.

Dick, Walter , Carey, Lou dan Carey, James O. 2001, The Systematic Design of Instruction Sixth Edition. Boston : Pearson.

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. 2018. “Formula 4C untuk Bertahan pada Era Revolusi Industri 4.0†. http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/05/04/ formula-4c-untuk-bertahan-pada-era-revolusi-industri-4-0/ . Diunduh 26 Oktober 2019.

Garjito, Dany. 2019. Berapa Gaji Tour Guide? Profesi yang Makin Dilirik Milenial. Sumber: https://www.guideku.com/travel/2019/09/01/150000/berapa-gaji-tour-guide-profesi-yang-makin-dilirik-milenial. Diunduh tanggal 11 Desember 2019.

Gunawan dan Palupi. 2012. “Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian, dalam Premiere Educandum, Jurnal Pendidikan dasar dan Pembelajaran. Volume 2, No. 02. Diunduh 20 Oktober 2019. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50/47

Jhonson, David W. dkk. 2010. Colaborative Learning. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Kotler, P., Kertajaya, H., Setiawan, & Iwan. (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. New Jersey: Wiley.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2018. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Prawoto dan Pramulia. 2019. “Pembelajaran Sastra Berbasis Blended Learning†dalam Efektor. Volume 6 Issue 1, 2019, 37–42. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e DOI: https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12532. diunduh 27 Oktober 2019.

PWC. (2016). Industry 4.0: Building the Digital Enterprise. Jerman: PWC.

Saputra, Rio. 2019. Kesiapan Lulusan UHAMKA dalam Menghadapi Era Distrupsi Revolusi Industri 4.0. Sumber: http://www.riosaputra.com/2019/08/kesiapan-lulusan-uhamka-dalam.html diunduh tanggal 11 Desember 2019.

Saryono, Djoko. 2009. Dasar Apresiasi Sastra. Yogyakarta: ElmateraPublishing.

Schwab, K. (2016). The Forth Industrial Revolution. Geneva: World Economic Forum.

Suwandi, Sarwiji. Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif di Era Revolusi Industri 4.0. https://docplayer.info/140677269-Tantangan-mewujudkan-pembelajaran-bahasa-dan-sastra-indonesia-yang-efektif-di-era-revolusi-industri-4-0.html. diunduh 26 Oktober 2019. Diunduh 29 Oktober 2019.

Sumardi. 2012. Panduan Apresiasi Cerpen untuk Siswa dan Mahasiswa. Jakarta: UHAMKA Press.

Tokopedia. 2019. Berikan yang Paling Berarti untuk yang Berani. Retrieved from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=AB2EJG7krek. diunduh 31 Mei 2019.

Tim Redaksi. 2019. 10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Indonesia dan Gajinya. Sumber:

https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-sastra-indonesia/

Tim Redaksi. 2019. Penulis. sumber : https://campus.quipper.com/careers/penulis diunduh 10 Desember 2019.

Tim Redaksi. 2019. Fantastis, 4 Penulis Indonesia Ini Kaya Raya dari Hasil Menulis Novel. https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/muro/fantastis-4-penulis-indonesia-ini-kaya-raya-dari-hasil-menulis-novel-c1c2/full diunduh tanggal 12 Desember 2019.

Wurianto, Arif Budi. 2019. “Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia menuju Kewirausahaan Profesi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (Peluang dan tantangan) dalam Prosiding SENASBASA, Edisi I tahun 2019, E-ISSN 2599-0519. http://research-report.umm.ac.id/index/SENASBASA. Diunduh 26 Oktober 2019.

Sugono, Dendy. 2014. Peran dan Kekuatan Bahasa Indonesia dalam Industri Kreatif Kebahasaan. Jakarta: Badan Bahasa.

Wardani, I. G. A. K. 1981. Pengajaran Apresiasi Prosa. Jakarta: Depdikbud.

Yandianto. 2014. Apresiasi Karya sastra. Bandung: M25.

Zamhari, S.Kom.I. 2018. 16 Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Paling Cemerlang Abad Ini. https://www.academicindonesia.com/jurusan-bahasa-dan-sastra-indonesia/ diunduh 28 Oktober 2019.

Downloads

Published

2019-12-31
Abstract viewed = 767 times