UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE IDENTIFIKASI TEMA, KALIMAT TOPIK DAN KATA KUNCI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 40 BENGKULU TENGAH

Authors

  • Lentri Pensi SDN 40 Kabupaten Bengkulu Tengah

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v7i2.548

Abstract

ABSTRAK

 Hasil belajar siswa kelas V SDN 40 Bengkulu Tengah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih terlihat rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat perhatian dan keterlibatan siswa    secara   langsung dalam proses pembelajaran. Ini dapat dilihat dari  35  siswa  hanya  13   orang siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 70% ke atas. Untuk itu dibutuhkan suatu metode yang tepat dalam pembelajaran Bahsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode identifikasi tema, kalimat topic dan kata kunci pada kelas V SDN 40 Bengkulu Tengah. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 35 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa.  Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 13 orang dari 35 siswa dengan ketuntasan klasikal 37,1%. sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 20 orang dari 35 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 57,1%. Hasil penelitian siklus III menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa sebanyak 31 orang dari 35 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 88,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode identifikasi tema, kalimat topic dan kata kunci dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 40 Bengkulu Tengah.

Author Biography

Lentri Pensi, SDN 40 Kabupaten Bengkulu Tengah

Guru SDN 40 Bengkulu Tengah

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung, Purwoko (2001) Pandauan Penelitian PTK, Semarang : Unnes

Arikunto, S. (2006).Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1994).Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP SD Kelas 5, Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1999). Penyempurnaan Penyesuaian Kurikulum (suplemen GBPP) kelas 5 SD. Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar.

Sudjana, Nana (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Wardani I GAK, Wihardit Kusmaya dan Nasution Noehi (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-12-31
Abstract viewed = 264 times