PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 71 REJANG LEBONG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Marma Yuliani SD NEGERI 71 REJANG LEBONG

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya nilai hasil belajar matematika 11 siswa kelas V SDN 71 Rejang Lebong semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi “Operasi Hitung Pecahan”. Pada awal sebelum penelitian dari 11 siswa hanya 4 siswa (36%) yang tuntas belajar (KKM Matematika Kelas V adalah 65) dan 7 siswa (64%) nilai hasil belajarnya di bawah KKM. Guna mengatasi masalah tersebut maka peneliti bereksperimen dengan menerapkan metode diskusi pada materi tersebut. Dari hasil tindakan, pada siklus , hasil belajar siswa pada siklus I adalah masih ada 5 siswa atau 45% yang belum tuntas belajar, nilai masih di bawah KKM,  ada 5 siswa yang mendapat nilai 70, jumlah nilai klasikal adalah 710, rata-rata nilai kelas adalah 64, dan tingkat ketuntasan belajar sebesar 55%. Hasil ini belum memenuhi target minimal siswa yang harus tuntas belajar sehingga tindakan dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil yang signifikan dibanding hasil pada siklus 1 yaitu dari 11 siswa sebanyak 9 siswa, nilai hasil belajarnya 80, 1 siswa memperoleh nilai tertinggi 85, siswa tuntas belajar meningkat menjadi 10 siswa atau 91%, nilai belajar belum tuntas menurun menjadi 9% atau masih ada 1 siswa yang belum tuntas belajar, jumlah nilai menjadi 820 dan rata-rata kelas meningkat menjadi 74. Hasil tindakan pembelajaran pada siklus 2 ini membuktikan bahwa penerapan metode diskusi secara ilmiah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas V SDN 71 Rejang Lebong pada materi “Operasi Hitung Pecahan”.

Kata Kunci : Metode Diskusi, Hasil Belajar, Operasi Hitung Pecahan

Downloads

Published

2023-06-30
Abstract viewed = 11 times