PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 71 REJANG LEBONG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Asmara Juita SD NEGERI 71 REJANG LEBONG

Abstract

Subtansi rendahnya capaian hasil belajar siswa kelas VI SDN 71 Rejang Lebong Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada muatan pelajaran PPKn Tema Persatuan Dalam Perbedaan Subtema Rukun Dalam Perbedaan menjadi latar belakang penelitian ini dilaksanakan. Perolehan nilai hasil belajar PPKn dengan KKM 70 membuktikan dari 21 siswa, nilai siswa yang tuntas hanya 8 siswa saja atau 38% sedang 13 siswa (62%) nilai hasil ulangan harian materi tersebut masih di bawah KKM. Rata – rata kelas hasil temuan masalah ini adalah 60. Salah satu penyebab rendahnya nilai hasil belajar ini adalah model pembelajarannya masih satu arah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti mengangkatnya dalam sebuah penelitian dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada subtema tersebut. Dari pelaksanaan Tindakan siklus 1 diperoleh data hasil belajar yaitu jumlah nilai diperoleh satu kelas adalah 1.445, rata – rata kelas 69 (kondisi rerata masih di bawah KKM PPKn 70), pencapaian nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 50 . Siswa dengan nilai belajar tuntas ada 14siswa atau tuntas sebesar 67% (masih di bawah target kriteria keberhasilan 80% siswa tuntas belajar) dan nilai di bawah KKM masih ada 33% (7 siswa). Hasil ini belum memenuhi kriteria terendah dari keberhasilan tindakan yang diharapkan. Selanjutnya pada tindakan perbaikan siklus 2 terdata jumlah nilai klasikal adalah 11.590, rata – rata kelas 76; pencapaian nilai tertinggi adalah 90 dan terendah yaitu 65. Siswa dengan nilai belajar tuntas meningkat siqnifikan menjadi 19 siswa atau 90% dan nilai di bawah KKM tersisa 10% (2 siswa). Hasil belajar siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan sudah memenuhi syarat kriteria keberhasilan tindakan yang sudah ditetapkan. Hasil di atas membuktikan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Tema Persatuan Dalam Perbedaan Sub Tema Rukun Dalam Perbedaan pada siswa kelas VI SDN 71 Rejang Lebong Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 secara ilmiah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Kooperatif, Hasil Belajar, Rukun Dalam Perbedaan.

Downloads

Published

2023-06-30
Abstract viewed = 10 times