EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN MENGGUNAKAN BOLADIATOR PADA SISWA KELAS VII-I DI SMP N 2 KOTA BENGKULU TAHUN 2017 / 2018

Authors

  • Wilusri SMP Negeri 2 Kota Bengkulu

Abstract

Abstrak

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Efektifitas pembelajaran modifikasi permainan sepakbola dengan menggunakan boladiator pada siswa kelas VII.I di SMP N 2 Kota Bengkulu Tahun 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran modifikasi permainan sepakbola dengan menggunakan boladiator pada siswa kelas VII.I di SMP N 2 Kota Bengkulu Tahun 2017/2018? Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII.I SMP N 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu semua siswa kelas VII.I SMP N 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian yang menjadi variabel adalah boladiator dan modifikasi permainan boladiator. Untuk memperoleh data yang sesuai maka dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Untuk PTK berbentuk proses penkajian berdaur, yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan reflektif. Instrument penelitian ini menggunakan check list untuk mencatat sikap dan kejadian yang terjadi dalam pembelajaran yang dipandang penting dan telah di tetapkan akan diselidiki. Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari siswa kelas VII.I SMP N 2 Kota Bengkulu setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan, pembelajaran pertama menggunakan permainan boladiator, pembelajaran kedua menggunakan modifikasi boladiator dengan gawang, lapangan yang diperkecil dan pembelajaran ketiga menggunakan modifikasi boladiator dengan lapangan , gawang yang diperkecil dan bola plastik. Dari prosentase aspek afektif yaitu dari 78,5% menjadi 84,% dan meningkat menjadi 91%. aspek kognitif yaitu dari 82,8% menjadi 89% dan meningkat menjadi 94%, aspek psikomotor yaitu dari 67% menjadi 76,17% dan meningkat menjadi 84%. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data penelitian mengenai proses pembelajran boladiator dan modifikasinya di SMP N 2 Kota Bengkulu dari semua aspek yang di teliti yaitu aspek, kognitif, afektif dan psikomotor semuanya meningkat. Beberapa saran peneliti antara lain untuk pemerintah hendakna mengembangkan potensi guru penjas kedaerah – daerah agar dapat mengembangkan pembelajaran penjas di daerah – daerah. Dalam memberikan pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa, harus bervariasi, kreatif dalam pembelajaran. Bagi siswa hendaknya harus lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran, agar pembelajaran berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2022-07-22
Abstract viewed = 18 times