UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI MASYARAKATDENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VI B SD NEGERI 8 KOTA BENGKULU SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Zunaida SDN 8 Kota Bengkulu

Abstract

Abstrak               Pemetaan Pikiran adalah cara mencatat yang kreatif, dan secara harfiah, pemetaan pikiran. Mind Mapping menuntut anak untuk kreatif dan efektif dalam proses mind mapping melalui warna dan gambar yang dituangkan dalam mind map. Mind Mapping merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mengupayakan siswa untuk menggali ide-ide kreatif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Keanekaragaman Sosial, Budaya, dan Ekonomi untuk kelas VI B SD Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tahap Pra siklus I, dan Siklus II. Pada tahap pra siklus sebanyak 27 siswa, diperoleh data bahwa terdapat 21 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditentukan yaitu 75, dan rata-rata nilai kelas baru mencapai 65,18. Sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM hanya ada 6 siswa. Selanjutnya pada Siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 orang dan nilai di bawah KKM sebanyak 16 orang dengan nilai rata-rata 72,59. Pada Siklus II 27 siswa diperoleh data bahwa siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM ada 6 siswa (22,222), sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 21 siswa (77,777%) nilai rata-ratanya adalah 80.

Downloads

Published

2022-07-22
Abstract viewed = 138 times