PENANAMAN TRADISI SANTUN UNTUK MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN PENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA DI PAUD AL IKHLAS DESA SARENG KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN

Authors

  • radian arum STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v7i1.214

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan menurunnya tingkat kesantunan anak – anak  dalam tutur kata dan tindakan sehari – hari, hal ini terlihat dari sikap dan tata cara bertutur kata anak – anak yang ditunjukkan dalam pergaulan sehari hari di sekolah, ketidak santunan anak dalam bertutur kata ini disebabkan karena penggunaan bahasa anak yang masih bercampur antara bahasa Indonesia dan bahasa yang sehari – hari digunakan (bahasa jawa), hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi aspek social emosional anak, yang mana aspek sosil emosional merupakan salah satu aspek yang dikembangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aspek social emosional anak dalam tradisi santun dalam bertutur kata melalui pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pergaulan nya disekolah. Penulisan ini juga dilatar belakangi dari sikap santun yang sangat dibutuhkan untuk ditanamkan pada anak usia dini, karena merupakan aspek yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Sikap santun dalam berbicara merupakan salah satu hal yang menunjukkan aspek social emosional dari anak tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada siklusnya menggunakan model Spiral. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan  dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman tradisi santun dalam bertutur kata melalui pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat meningkatkan aspek social emosional anak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 30,77%. Dimana pada siklus satu tingkat keberhasilan mencapai 69,23% dan pada siklus kedua menjadi 100%.

References

Abdul Mujib.2006. Kepribadian dalam Kepribadian Islam.Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta

Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo.

Hibana S. Rahman. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi perkembangan Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2002. Jakarta: Erlangga.

IGAK Wardhani, Kusmaya Wihardit. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kartono, Kartini. 2000. Psikologi anak. Bandung: Mandar Maju

Nugraha Ali dan Rachmawati Yeni. 2007. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Siti Aisyah. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sujiono, Y. N. 2009.Hakikat usia dini. Bandung: Rosda.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung:Rosdakarya

Suyadi. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press

Syamsu Yusuf LN. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda.

Tim Redaksi Tessaurus Bahasa Indonesia. 2009. Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ujiningsih, Sunu Dwi Antoro. 2010. Pembudayaan sikap sopan santun di rumah dan di sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan karakter siswa. Makalah disampaikan dalam temu Ilmiah Nasional Guru II 2010 Universitas Terbuka, diakses dari http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fkip201034.pdf, diakses 12 Juli 2015

Wina Sanjaya. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Zainal Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksar

Downloads

Published

2019-04-05
Abstract viewed = 189 times