PENGEMBANGAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA

Authors

  • yenti mardeni SMKN 3 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v7i1.213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi mata pelajaran seni budaya dalam mengembangkan karakter siswa yaitu percaya diri. Metode dalam penulisan ini adalah kajian pustaka mengenai pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran seni budaya.  pendekatan kajian pustaka digunakan untuk menggambarkan penggabungan tentang pendidikan karakter percaya diri pada mata pelajaran seni budaya. Implementasi kurikulum 2013 dilakukan dengan mengacu pada hasil refleksi pengalaman penulis menjadi guru seni budaya selam dua puluh delapan tahun. Hasil dari penelitian ini adalah guru seni budaya sangat berperan dalam pengembangan karakter percaya diri siswa.

References

Haryani. (2017). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter di Sekolah. Proceding Seminar Nasional Penguatan Keterampilan Konseling Berwawasan Karakter dan Kearifan Lokal (pp.123-l31). Tanggal 10 Mei 2017. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Handoyo,E & Tijan. (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: UNNES Press.

Hurlock, Elisabeth B. 1991. Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta. Erlangga.

Lubis, Mochtar. (2001). Manusia Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mardapi, D. (2010). Penilaian Pendidikan Karakter. Makalah Bahan Tulisan Penilaian Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno dan Belferik Manulang. (2010). Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Bangsa, Sumatera Utara: Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Santrock,J. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup, (Alih bahasa A.Chusairi dan Juda Damanik). Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sinambela, P.N, (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran Generasi Kampus. 6(2)

Surya, Moh. (2011). Revitalisasi Konseling dalam membangun Karakter, dalam Majalah “Bimbingan dan Konseling†Edisi I/Th.I/ISSN: 2009.225X/2012.

Downloads

Published

2019-04-05
Abstract viewed = 156 times