Alih Kode Penyiar Radio Jazirah 104,3 FM Pada Acara “REHAT”

Authors

  • Ira - Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

ABSTRAK

Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk alih kode pada siaran “Rehat†Radio 104,3 Jazirah FM Bengkulu ? dan Penyebab terjadinya alih kode pada siaran acara “Rehat† Radio 104,3 Jazirah FM Bengkulu ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikani bentuk alih kode pada siaran “Rehat†Radio 104,3 Jazirah FM dan Mendeskripsikan terjadinya alih kode pada siaran acara “Rehat†di Radio Jazirah 104,3 FM di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Data yang digunakan  dalam penelitian ini tuturan penyiar radio Jazirah ketika membawakan acara “Rehatâ€. Sumber data yang digunakan adalah bahasa lisan yang digunakann penyiar Radio Jazirah 104,3 FM di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, rekam, dan catat. Teknik analisis data dilakukan dengan mencatat data yang telah terkumpul, penyelesaian data, mengklasifikasi data berdasarkan masalah, mengklasifikasi dengan mengambil dan menginterprestasikan data berdasarkan permasalahan dan menyimpulkan semua data yang telah diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa bentuk alih kode terjadi pada penyiar Radio Jazirah 104,3 FM yakni alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Melayu Bengkulu, bahasa Serawai dialek Seluma, dan bahasa Serawai dialek Kaur. Penyebab terjadinya alih kode dikarenakan menciptakan suasana dan kesan lebih santai dan akrab, keikutsertaan penutur bahasa lain.

Kata kunci : alih kode, Radio Jazirah, acara Rehat

References

Daftar Pustaka

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. BandungAditama.

Chaer, Abdul. dan Agustina L. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer,Abdul. dan Agustina L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta :Rineka Cipta.

Chair, Abdul.2011.Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

J. B. Wahyudi.1994. Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta : Gramedia.

Kurniawati, Asih dkk. Alih Kode Penyiar Radio Oz 94,4 FM Bandarlampung dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. “Jurnal kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya).†Februari 2012.

Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa : Tahapan Strategi. Metode, dan Tekniknya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu PragmatikTeori dan Penerapannya). Jakarta : Pengembangan Lembanag Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistiksuatu Pengantar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sumarsono. 2012. Sosiolinguistik. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problem. Surakarta : Hinary Offset.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2019-04-05
Abstract viewed = 240 times