UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUIDISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 06 KARANG TINGGI BENGKULU TENGAH

Authors

  • Meri - Hartati SDN 06 Karang Tinggi, Bengkulu Tengah

Abstract

ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Karang Tinggi,  Bengkulu Tengah disebabkan kurangnya minat perhatian dan keterlibatan siswa    secara   langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari  30  siswa  hanya  11   orang siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 70% ke atas terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk itu dibutuhkan suatu metodeyang tepat dalam pembelajaran Bahsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode diskusi kelompok pada kelas V SDN 06 Karang Tinggi. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 30 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa.  Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 11 orang dari 30 siswa dengan ketuntasan klasikal 36,7%. sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 17 orang dari 30 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,7%. Hasil penelitian siklus III menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa sebanyak 26  orang dari 30 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Karang Tinggi.

References

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP SD Kelas 5, Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1999). Penyempurnaan Penyesuaian Kurikulum (suplemen GBPP) kelas 5 SD. Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar.

Wardani I GAK, Wihardit Kusmaya dan Nasution Noehi (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Agung, Purwoko (2001) Pandauan Penelitian PTK, Semarang : Unnes

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-04-05
Abstract viewed = 222 times