KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KONJUNGSI INTRA KALIMAT DAN ANTAR KALIMAT DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Authors

  • St. Asiyah - St. Asiyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Kata Kunci : konjungsi intrakalimat  antarkalimat, karangan narasi,

 

Salah satu pembelajaran menulis pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu adalah menggunakan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat dalam karangan narasi siswa, seperti yang terlihat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP yang mengharuskan siswa untuk menulis karangan narasi berdasarkan struktur yang sudah dikuasai akan menjadikan karangan tersebut sempurna. Namun, kenyataanya para siswa terlihat kurang mampu membuat karangan narasi khususnya dalam menggunakan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat pada karangan narasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah kemampuan menggunakan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat dalam karangan narasi siswa kelas VII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : untuk mendeskripsikan kemampuan menggunakan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat dalam karangan narasi siswa kelas VII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 31. Data dalampenelitian ini yaitu penggunaan konjungsi intra dan antar kalimat dalam karangan narasi Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yaitu 1) seleksi data, 2) penilaian karangan, kemudian data yang diperoleh kemudian di analisi menggunakan rumus persentase dan rata-rata kemudian mengkualifikasikannya berdasarkan skala penilaian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata kemampuan menggunakan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat dalam karangan narasi siswa kelas VII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu adalah 69,77 apabila dikonsultasikan dengan skala lima tergolong cukup. Pada skala 60 – 74.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

___________ 1990. Penggunaan Preposisi dan Konjungsi Bahasa Indonesia.

Flores NTT: Nusa Indah.

Dananjaja. 2001. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djiwantono. 2001. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Keraf, Gorys. 1989. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia

Kridalaksana, Harimurti 1994. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexi. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakary

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Purwanto. 2001. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Putrayasa, Ida Bagus. 2008. Kajian Morfologi. Bandung: Aditama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slamet. 2014. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: UPT.

Penerbitan dan Percetakan UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2019-04-05
Abstract viewed = 274 times