PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS III-B SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU

Sukmawati - Sukmawati

Abstract


Abstrak

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas III-B SDN 19 Kota Bengkulu. Dalam Penelitian inim peneliti menggunakan metode Classroom Action Research. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua  siklus.   Setiap   siklus   terdapat   kegiatan   perencanaan,   pelaksanaan   dan observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-B SDN 19 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif  kuantitatif  dan  deskriptif  kualitatif.  Data  yang   dianalisis   secara deskriptif kuantitatif adalah prestasi belajar, sedangkan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif adalah hasil observasi.

Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa dengan digunakannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan  prestasi  belajar  matematika  siswa.  Peningkatan  prestasi  belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan, ada 6siswa atau 23 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Setelah dilakukan tindakan dengan pendekatan PMR Siklus I, hasil tes di siklus I ada 13 siswa atau 50 % dari seluruh siswa   yang   mendapat   nilai   ≥   65.   Setelah   dilakukan   perbaikan   dengan mengevaluasi penerapan pendekatan PMR, dengan cara menyederhanakan LKS dan memperbaiki langkah penerapan PMR, terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, ditandai ada 19 siswa atau 73 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Nilai rata-rata hasil post test meningkat, pada siklus I yaitu 63,35 sedangkan pada siklus II yaitu 73,81.

Kata Kunci: prestasi belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan, pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daitin Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Dimyati, Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

e-jurnalpendidikan.blogspot.com/2012/04/penelitian-tindakan-kelas-model kemmistaggart. diakses11 Februari 2013 @15.15

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jennings, Sue & R, Dunne.1999. Math Stories,Real Stories, Real-life Stories.

http://www.ex.ac.uk/telematics/T3/maths/actar01.htm. diakses 22 Maret

; 13.45 WIB.

Maria Qibtia. (2007). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Self Efficiacy, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas I Reguler Program Keahlian Akuntansi SMA Negeri I Depok Tahun Ajaran 2007/2008”. Tesis. Yogyakarta : UNY.

Mike Ollerton. (2010). Panduan Guru Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Reni Akbar, Hawadi. (2004). Akselerasi: A-Z Informasi Program Percepatan

Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo.

Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sabina Ndiung. (2009). “Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas V SD N Sumber II Berbah Sleman.” Tesis. Yogyakarta : UNY.

Saifuddin Azwar. (2010). Tes Prestasi: Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soedjadi. (2003). “Implementasi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia”. Kumpulan Makalah pada Seminar Nasional.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi, Arikunto.(2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Sukidin, dkk. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Van den Heuvel-Panhuizen. 1998. Realistic Mathematics Education Work in Progress. http://www.fi.nl/ ……2000. Mathematics Education in the Netherlands a Guided Tour.http://www.fi.uu.nl/en/indexpulicaties.html. 19 Juli 2012 ; 14.20 WIB.

Winarno Surachmad. (1982). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta : Bigraf Publishing




DOI: https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v9i1.1750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lateralisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.